Harganya Tembus Rp 600 Jutaan, Bitcoin Bisa Dibeli Mulai Rp 10 Ribu

Harganya Tembus Rp 600 Jutaan, Bitcoin Bisa Dibeli Mulai Rp 10 Ribu

Pada hari Selasa (9/2/2021) kemarin, harga mata uang kripto Bitcoin tembus hingga Rp 600 jutaan per keping. Bahkan, harga mata uang digital paling populer tersebut diprediksi bisa tembus Rp 2 miliar per keping pada tahun ini.

Namun, ternyata Bitcoin bisa dibeli hanya dengan modal Rp 10 ribu.

Melansir dari detikcom, Oscar Darmawan selaku CEO Indodax mengatakan, “Pemula bisa mencoba trading dengan modal Rp 10.000 saja. Karena Bitcoin di Indodax bisa dijual dengan pecahan desimal hingga pecahan terkecil dari Rp 10.000”.

Tetapi, sebelum mencoba terjun ke dunia mata uang kripto, pemula harus memahami terkait aset itu sendiri.

Oscar menjelaskan, “Pertama sekali adalah pemahaman tentang aset kripto. Baik dari sisi teknologi, aktivitas market dan lain-lain. Ini terus berkembang mengingat teknologi blockchain dan aset kripto yang terus berkembang”.

Baca Juga:  Survei: Netizen Indonesia Paling Tidak Sopan se-Asia Tenggara

Ia juga menyampaikan bahwa Bitcoin atau mata uang kripto ini tidak terikat dengan ketentuan bank sentral.

Maka dari itu, harga Bitcoin atau mata uang kripto lainnya tidak ditentukan suatu negara atau pemerintah.

Tetapi, menurut Oscar, hal itu justru menjadi salah satu faktor mengapa dirinya berminat terjun di Bitcoin.

“Bitcoin mengadopsi teknologi blockchain, Bitcoin dan aset kripto lain itu bersifat decentralized. Artinya tidak terpusat. Jadi, harga Bitcoin tidak diatur oleh pemerintah dan lain-lain,” ujarnya.

Seperti yang diketahui, pada hari Senin (8/2/2021) kemarin, Tesla Inc mengumumkan bahwa telah membeli mata uang digital Bitcoin senilai US$ 1,5 miliar. Jika dihitung dengan kurs Rp 14.000/US$ maka angka itu setara dengan Rp 21 triliun.

Pembelian secara masif oleh Tesla tersebut mendorong harga mata uang digital tersebut berada pada harga tertinggi sepanjang masa.

Baca Juga:  BCA Salah Transfer Puluhan Juta, Nasabah Penerima Dilaporkan ke Polisi

Berdasarkan dari data Coinbase.com hari Selasa (9/2/2021) kemarin, per pukul 10.05 WIB Bitcoin tercatat terparkir di harga Rp 639 juta per keping. Bahkan rekornya diperdagangkan seharga Rp 665 juta pada hari Rabu (10/2/2021) ini tepat di pukul 07.05 WIB.

Namun, analis Central Capital Futures Wahyu Tribowo Laksono mengatakan, bahwa seseorang harus memahami terkait risiko tinggi yang akan dihadapi ketika memutuskan terjun ke dunia mata uang kripto.

Pasalnya, mata uang kripto tak selalu naik harganya, terkadang bisa turun tajam sehingga menggerus keuntungan.

Wahyu mengatakan, “Cryptocurrency ini pergerakannya lebih fluktuatif, risikonya lebih besar, tapi kalau trennya bagus ya dapatnya lebih besar, jadi high risk high return“.

Tags: , ,