Hari Ini Gunung Merapi Muntahkan Lava Pijar 15 Kali

Hari Ini Gunung Merapi Muntahkan Lava Pijar 15 Kali

Data terbaru terkait aktivitas Gunung Merapi diungkapkan oleh Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG).

Pada hari Sabtu (9/1/2021) ini, laporan pemantauan aktivitas Gunung Merapi disampaikan bahwa dari pukul 00.00 hingga 06.00 WIB atau selama 6 jam sudah ada 15 kali luncuran lava pijar.

Hanik Humaida selaku Kepala BPPTKG mengatakan, “Periode 9 Januari 2021, pada laporan per 6 jam teramati guguran lava pijar sebanyak 15 kali dengan jarak luncur maksimum 800 meter ke hulu Kali Krasak. Terdengar 1 kali suara guguran dari Pos Babadan, Magelang”.

Ia menambahkan, selama periode 6 jam ini tercatat kegempaan Merapi sebanyak 36 kali gempa guguran, 7 kali gempa hembusan, 51 kali gempa fase banyak, dan 12 kali gempa vulkanik dangkal.

Baca Juga:  Sebarkan Fitnah soal Tabrak Lari di Overpass Manahan via Sosmed, Pemilik Akun Meminta Maaf

Sementara jika melihat pada data hari Jumat (8/1/2021) kemarin, Gunung Merapi mengeluarkan lava pijar 16 kali dengan jarak luncur maksimal 600 meter ke hulu Kali Krasak.

Hanik menuturkan, “Periode 8 Januari 2021, teramati guguran lava 5 kali dengan jarak luncur maksimum 800 meter dan guguran lava pijar 16 kali dengan jarak luncur maksimum 600 meter ke hulu Kali Krasak”.

Pada periode tersebut, terdengar beberapa kali suara guguran. Sebanyak 4 guguran terdengar dari Pos Babadan, Kabupaten Magelang dan sekali dari Pos Kaliurang, Sleman.

Pihaknya juga menerangkan bahwa pada data seismisitas Gunung Merapi selama 24 jam di tanggal 8 Januari kemarin tercatat ada gempa guguran sebanyak 149 kali, hembusan 36 kali, hybrid atau fase banyak 199 kali, vulkanik dangkal 56 kali, dan tektonik jauh 4 kali.

Baca Juga:  Polresta Solo Giatkan Patroli Cyber Jelang Pelantikan Gibran

Terkait dengan semakin intensnya guguran lava pijar ini, BPPTKG memberikan rekomendasi agar penambangan pasir di alur sungai-sungai yang berhulu di Gunung Merapi dalam kawasan rawan bencana (KRB) III untuk dihentikan.

Masyarakat juga dihimbau agar mewaspadai bahaya lahar terutama saat terjadi hujan di sekitar Merapi.

Tags: , ,