Hari Ini, Pedagang Pasar Legi Solo Divaksinasi

Hari Ini, Pedagang Pasar Legi Solo Divaksinasi

Pada hari Kamis (4/3/2021) ini, sebanyak 1.000 pedagang di Pasar Legi Solo bakal menjalani vaksinasi Covid-19 perdana.

Sebelumnya, vaksinasi juga sudah dilakukan di empat pasar, yakni Pasar Klewer, Pasar Gedhe, Pasar Harjodaksino dan Pasar Depok. Pelaksanaan vaksinasi di empat pasar itu juga sudah sesuai target.

Sugeng Budi Prasetyo selaku Kepala Bidang Pasar Dinas Perdagangan Kota Surakarta menyampaikan bahwa proses vaksinasi pedagang Pasar Legi akan dilakukan di Puskesmas Stabelan dan Pasar Elpabes tergantung letak lapak pedagang.

Ia menjelaskan bahwa dalam satu hari saja sekitar 600 dari total lebih dari 1000 pedagang di Pasar Legi akan divaksin.

Menurut Sugeng, seperti pasar tradisional lainnya, peserta yang akan divaksin Covid-19 di Pasar Legi Solo meliputi pedagang, karyawan pedagang, buruh gendong, hingga pengemudi becak area pasar.

Pada hari Rabu (3/3/2021) kemarin, Sugeng menuturkan, “Untuk sisi utara kita arahkan ke Pasar Elpabes dan untuk sisi selatan kita arahkan ke Puskesmas Stabelan”.

Sugeng juga menyebut bahwa proses vaksinasi di empat pasar sebelumnya berjalan sesuai target.

“Sekarang yang masih berlangsung vaksinasi tinggal Klewer, 3 pasar yang lain sudah selesai. Kita targetkan total untuk ke 4 pasar adalah 5600 pedagang,” ujarnya.

“Sisanya akan kita selesaikan sesuai dengan perintah dari Dinas Kesehatan. Kita siapkan seluruh pasar yang berjumlah 44 di Kota Solo untuk melakukan proses vaksinasi,” imbuhnya.

Sementara itu, Heru Sunardi -Kepala Dinas Perdagangan Kota Solo- mengatakan Pasar Legi dipilih sebab merupakan salah satu pasar dengan tingkat perputaran ekonomi besar.

Ia juga menyampaikan, setelah vaksinasi pada seluruh pedagang selesai, posko Covid-19 di pasar tetap akan beroperasi termasuk sanksi bagi para pedagang yang melanggar protokol kesehatan tetap akan ditegakkan.

Tags: , ,