Hari Ini, Peresmian Masjid Raya Sheikh Zayed Solo oleh Presiden RI bersama Presiden UEA

Presiden Joko Widodo dan Presiden Uni Emirat Arab, Mohammed bin Zayed Al Nahyan meresmikan Masjid Raya Sheikh Zayed Solo pada Senin, 14 November 2022.

Sepanjang perjalanan dari Bandara Internasional Adi Soemarmo Solo hingga menuju Masjid Raya Sheikh Zayed Surakarta, para siswa-siswi SD hingga SMA menyambut rombongan kedua presiden.

Ribuan pelajar berdiri berjejer dipinggir jalan dengan antusias menyambut kedatangan rombongan kedua presiden sembari melambaikan bendera Indonesia dan Uni Emirat Arab.

Sebelumnya, di area masjid, para tamu undangan sudah datang sejak pagi, pengamanan pun dilakukan secara ketat.

Sebagai tamu undangan, mereka dibekali kartu identitas khusus ataupun membawa surat undangan untuk mengikuti acara peresmian.

Baca Juga:  Upacara Pembukaan Pospenas IX 2022 Solo di Stadion Manahan Berlangsung Meriah

Iring-iringan rombongan bersama Presiden Jokowi tiba di masjid dari arah timur Jl A Yani, Solo, sekitar pukul 07.18 WIB.

Presiden Jokowi dan MBZ kemudian disambut Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, dan para tamu undangan.

Pejabat lain yang terlihat hadir, yaitu Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Aktivis Nadhlatul Ulama (NU) Yenny Wahid.

Sesaat memasuki masjid, Presiden Joko Widodo dan Presiden Mohammed bin Zayed Al Nahyan melakukan shalat, kemudian dilanjut penandatanganan prasasti dan doa bersama.

Dalam rangkaian acara peresmian Masjid Raya Sheikh Zayed Solo, selain acara peresmiannya sendiri, ada kegiatan penanaman pohon sala yang memiliki makna persahabatan, dan berfoto bersama dengan latar belakang bendera Indonesia dan Bendera UEA.

Baca Juga:  Ganjar Pranowo Meminta Pemerintah Mendaftarkan Kebaya ke UNESCO

Sekitar pukul 07.50 WIB, keduanya meninggalkan masjid dan menuju ke kediaman Presiden Joko Widodo di Sumber.

Tags: