Hasil KLB Ditolak Kemenkumham, Demokrat Solo Bersyukur

Hasil KLB Ditolak Kemenkumham, Demokrat Solo Bersyukur

Seperti yang diketahui, Kementerian Hukum dan HAM menolak permohonan pengesahan hasil Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat Deli Serdang yang diajukan kubu Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko.

Dari hasil verifikasi masih terdapat beberapa dokumen yang belum dilengkapi, antara lain dari perwakilan DPD, DPC, serta tidak adanya mandat dari Ketua DPD dan DPC.

Pada hari Rabu (31/3/2021), Yasonna Laoly selaku Menteri Hukum dan HAM mengatakan, “Pemerintah menyatakan permohonan pengesahan hasil Kongres Luar Biasa di Deli Serdang Sumatera Utara tanggal 5 Maret 2021 ditolak”.

Yasonna menjelaskan, kubu Moeldoko awalnya mengajukan permohohan perubahan Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) Partai Demokrat dan perubahan kepengurusan Partai Demokrat hasil KLB.

Baca Juga:  Pemkab Sukoharjo Rumuskan Regulasi yang Atur Kegiatan Bulan Puasa

Kabar ditolaknya permohonan Moeldoko atas pengesahan hasil Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat tersebut juga direspons oleh pengurus Partai Demokrat di daerah.

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Solo, Supriyanto mengatakan rasa syukur atas putusan pemerintah terhadap penolakan permohonan Moeldoko.

Pada hari Kamis (1/4/2021) kemarin, Supriyanto selaku Ketua DPC Partai Demokrat Solo menuturkan, “Kami pengurus bersyukur juga pada pemerintah yang telah objektif kepada Pak Jokowi, Menkum HAM, kemudian juga kami DPC, PAC sampai ranting bersyukur dengan keputusan objektif ini”.

Supriyanto juga menjelaskan, dengan ditolaknya kepengurusan KLB kubu Moeldoko, hal ini menegaskan Agus Harimukti Yudhoyono (AHY) sebagai Ketua Umum Partai Demokrat yang sah dan kemudian mengembalikan semangat para anggota partai untuk lebih konsisten dalam membesarkan partai bersama AHY.

Baca Juga:  KAI Commuter Terbitkan Kartu Multi Trip Edisi Khusus Solo

“Memang dua bulan lalu sejak Februari awal atau Januari akhir kami dilobi terus intens untuk KLB ilegal ini. Kami kemudian menolak,” ujarnya.

Pihaknya juga menegaskan bahwa DPC Partai Demokrat Solo Raya solid dan mendukung kepemimpinan AHY.

“Kami akan konsisten kepada pak AHY dan mulai semangat kembali membesarkan Partai Demokrat,”

Supri mengungkap bahwa pada 4-5 April 2021 seluruh pengurus DPC Se-Jawa Tengah akan menggelar doa syukur bersama Ketum Partai Demokrat AHY di Salatiga.

“Kami konsentrasi kepada konsolidasi internal”, ungkapnya.

Tags: , ,