Heboh Uang Redenominasi Rp 100 Bergambar Jokowi

Heboh Uang Redenominasi Rp 100 Bergambar Jokowi

Beberapa waktu lalu, media sosial dihebohkan dengan munculnya sebuah video mengenai uang rupiah baru yang sudah diredenominasi dan bergambar Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Adalah akun @jakarta.keras yang mengunggah video tersebut. Akun tersebut juga menyertakan sumber video yang berasal dari aplikasi Tiktok dengan akun @aku.ijot.

Akun itu juga menulis, “”Pada setuju gak sobi?”.

Unggahan video itu merekam uang kertas rupiah dengan nominal Rp 100. Uang kertas itu berwarna merah dengan tulisan besar Bank Indonesia (BI) beserta dengan logonya, lengkap juga dengan nomor seri.

Di satu sisi uang itu terpampang foto setengah badan Jokowi. Sementara di sisi lainnya bergambar Istana Negara.

Pada unggahan video itu juga terdapat narasi “Katanya Indonesia mau Redenominasi”.

Baca Juga:  Pembangunan Masjid Raya Sheikh Zayed Solo Hampir Selesai, Kapan Peresmiannya?

Dituliskan juga uang Rp 10.000 akan menjadi Rp 10, Rp 50.000 menjadi Rp 50 dan Rp 100.000 menjadi Rp 100.

Lantas, bagaimana faktanya?

Erwin Haryono selaku Kepala Departemen Komunikasi BI menjelaskan bahwa BI hingga saat ini belum mengeluarkan uang pecahan baru redenominasi.

Erwin juga memastikan uang beredar dalam video tersebut hoax atau tidak benar.

Pada hari Senin (8/2/2021) kemarin, Erwin menegaskan, “Wah kacau, nggak ada”.

Pihaknya juga meminta agar semua unggahan terkait uang tersebut untuk segera dihapus. Dia juga mengajak masyarakat untuk berhati-hati apabila membuat konten yang berhubungan dengan uang rupiah.

“Kami ingin ajak masyarakat untuk berhati-hati urusan ini. Bagaimanapun rupiah adalah lambang kedaulatan NKRI,” jelasnya.

Baca Juga:  Pembangunan Masjid Raya Sheikh Zayed Solo Hampir Selesai, Kapan Peresmiannya?

Sementara itu, dari berbagai sumber diketahui, pengunggah pertama terkait uang tersebut juga telah mengklarifikasi video.

“Tidak ada maksud apa-apa atau menggiring opini. Tidak ada maksud membanding-bandingkan Pak Jokowi dengan Pak Soekarno. Intinya pengin dapetin traffic, dapetin viewers“, ungkap si pengunggah video.

Tags: , ,