Heboh WhatsApp Muncul di Status Pengguna, Ada Apa?

Heboh WhatsApp Muncul di Status Pengguna, Ada Apa?

Sejumlah pengguna aplikasi WhatsApp telah mulai mendapatkan status yang dikirim oleh pihak WhatsApp.

Saat membuka Status di aplikasi pada hari Jumat (29/1/2021) ini, ikon WhatsApp mengirimkan informasi sebanyak empat slides yang berisi tentang kebijakan privasi baru.

Pada slide pertama, WhatsApp menuliskan, “WhatsApp sekarang ada di Status! Kami akan membuat kalian tahu tentang fitur baru dan update di sini“.

Kemudian slide kedua, “Satu hal yang tidak baru adalah komitmen kami terhadap privasi Anda“.

Lalu disusul slide ketiga “WhatsApp tidak dapat membaca atau mendengarkan percakapan pribadi Anda karena dienkripsi secara end-to-end“.

Slide keempat, “Menantikan informasi terbaru selanjutnya“.

Baca Juga:  Aplikasi Facebook dan Instagram Sempat "Down"

Hal ini dilakukan lantaran banyak pengguna yang bingung dengan update kebijakan privasi tersebut.

Sebelumnya, dilaporkan bahwa WhatsApp kehilangan jutaan penggguna di Inggris.

Pada 12 Januari, WhatsApp terjun bebas dari posisi sebagai aplikasi paling banyak diunduh.

Sebaliknya, Signal yang sebelumnya tidak termasuk ke dalam daftar 1.000 aplikasi teratas di Inggris, per 9 Januari menjadi aplikasi paling banyak diunduh di negara tersebut.

Mengutip The Guardian pada hari Selasa (26/1/2021) lalu, pembaruan kebijakan berbagi data dengan Facebook telah mendorong pengguna WhatsApp untuk mengadopsi aplikasi olah pesan alternatif seperti Signal dan Telegram.

Facebook sebagai perusahaan induk WhatsApp diketahui sebagai perusahaan yang berulang kali menghadapi kontroversi privasi, salah satunya yang paling dikenal adalah skandal Cambridge Analytica.

Baca Juga:  Pria Ini Raup Rp 667 Juta dalam 6 Minggu Berkat Aset Kripto NFT

Tak mau kehilangan lebih banyak pengguna, perusahaan pun akhirnya menunda penerapan kebijakan itu hingga 15 Mei 2021, yang semula dijadwalkan pada Februari 2021.

Tags: , ,