Hidupkan Lagi e-Tilang di Solo, Jumlah CCTV Akan Ditambah

Hidupkan Lagi e-Tilang di Solo, Jumlah CCTV Akan Ditambah

Seperti yang diberitakan, program electronic traffic law enforcement (E-TLE) atau tilang elektronik (e-tilang) di Kota Solo akan kembali digunakan.

Tetapi pihak Polresta Solo masih harus memperbaiki sistem dan sejumlah kamera CCTV yang ada.

Kompol Afrian Satya Permadi selaku Kasat Lantas Polresta Solo menjelaskan bahwa kembalinya e-tilang sesuai dengan program yang dicanangkan oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Beberapa daerah di Polda Jawa Tengah pun akan menerapkan e-tilang.

Melansir detikcom pada hari Senin (1/2/2021) kemarin, Afrian menuturkan, “Kami juga akan menerapkan e-tilang, sesuai arahan Polri. Namun masih ada sejumlah perbaikan di sistem dan kamera”.

Pihaknya mengaku bahwa belum mengetahui terkait jumlah CCTV yang akan dipasang.

Baca Juga:  Tak Hanya Ketemu Gibran, Anindya Bakrie Juga Pantau Seleksi Pemain Persis Solo

Tetapi pada awal pemberlakuan e-tilang Februari 2019 lalu, ada 66 kamera CCTV yang bisa dipantau melalui Traffic Management Control (TMC) Polresta Solo.

Ia juga menjelaskan bahwa kamera yang digunakan berbeda dengan kamera CCTV yang dimiliki Dishub Solo dan akan disinkronisasi.

Arfian menyampaikan, “Ini masih kita cek lagi, karena selain penambahan nanti kita revitalisasi peralatan yang sudah rusak. Nanti juga kita sinkronkan dengan punya Dishub”.

Mengenai teknis penilangan dan pembayaran denda, ia menerangkan bahwa polisi akan mengirimkan surat tilang ke rumah pemilik kendaraan sesuai STNK.

Pembayaran denda tilang dilakukan lewat transfer bank.

“Prosesnya kita kirim surat tilang ke alamat pelanggar. Ada proses konfirmasi dulu. Kalau kendaraan sudah pindah tangan akan kita minta nomor telepon. Nanti diblokir Samsat, tidak bisa pajak sebelum bayar denda,” ujarnya.

Baca Juga:  Pemkab Sukoharjo Rumuskan Regulasi yang Atur Kegiatan Bulan Puasa

Arfian menjelaskan, “Pembayaran (denda e-tilang) nanti transfer lewat BRI Virtual Account. Jadi sudah tidak ada lagi titip-titipan”.

Tags: , ,