Hobi Gambar Sejak TK, Rainhart Jadi Komikus Cilik Era Digital

Di era digital ini, banyak ditemukan platform-platform pengembang kreativitas berupa aplikasi yang dapat diperoleh dengan mengunduhnya secara instan dan gratis. Seperti dua aplikasi yang sedang digandrungi oleh kreator komik muda Solo bernama Rainhart Samuel Jericho Adandi Silalahi.

Siswa kelas 6 di SD Kristen Manahan Surakarta ini sudah piawai membuat karakter-karakter komik yang dia buat lewat aplikasi Android, bernama Gacha Club dan Ibis Paint X. Rainhart mengaku bahwa dirinya memang sudah memiliki  hobi  menggambar sejak masih Taman Kanak-Kanak.

Putra Batak kelahiran Surakarta, 2 Juni 2008 ini memang dari awal suka dengan karakter-karakter komik dan bahkan diusianya yang masih 12 tahun, dirinya sudah piawai membuat cerita komik lengkap dengan gambar sebanyak 30 lebih halaman yang dia publikasikan secara digital lewat akun Instagram-nya  @susubiru___

Rainhart juga mengaku bahwa dirinya baru mengembangkan bakat uniknya ini selama 7 bulan terakhir, sejak awal tahun 2020. Dalam waktu 7 bulan itu juga, pengikutnya di Instagram sudah mencapai 29,6 ribu yang dia peroleh secara organik lewat komunitas-komunitas pecinta komik

Baca Juga:  Demo Damai Dideklarasikan di Karanganyar, Namun Tolak UU Cipta Kerja Jalan Terus

“Ini (akun Instagram) yang promosiin dari penggemar yang screenshot karya aku dan dijadiin story di Instagram.” Jelas Rainhart kepada Soloraya.id saat ditemui di rumahnya, Senin (14/09/2020)

Rainhart juga berkata tidak ada timbal balik berupa bayaran yang diberikan buat para penggemar Rainhart di Instagram yang sudah membantu mempromosikan karya-karyanya.

Cerita komik Rainhart sangat beragam, dari laga hingga drama. Untuk anak seusianya, Rainhart bisa dikatakan memiliki imajinasi yang besar. Saat ditanya soal cita-citanya kelak, dirinya mengaku bahwa dia ingin menjadi arsitek. Inspirasi ini datang dari teman satu sekolahnya yang juga memiliki hobi menggambar seperti dirinya

Sang ayah, Andi Silalahi mengaku sangat takjub dengan kreativitas yang dimiliki putranya. Andi juga mengaku bahwa dia mengetahui bakat dan minat anaknya ini dari guru kelasnya di sekolah yang menginformasikan bahwa Rainhart punya konten kreatif di akun media sosialnya 3 bulan yang lalu.

“Awalnya saya nggak tahu karena Rainhart nggak pernah cerita, sampai akhirnya saya ke sekolah dan gurunya bilang kalau Rainhart punya kanal media sosial bagus banget. Langsung saat itu saya cek dan ternyata memang bagus, ya saya dukung aja”, ungkap Andi kepada Soloraya.id di hari yang sama.

Baca Juga:  Dana Penataan Objek Wisata dari Kemenparekraf Sudah Cair, Dinas Pariwisata Solo Siap Kebutkan Proyek

Namun Andi mengaku sebagai orangtua, dirinya tetap mengharapkan dia bisa memprioritaskan mata pelajaran utama di sekolah, setidaknya sampai lulus SMP. Saat akan masuk SMA nanti, Andi sudah menemukan sekolah kejuruan yang sesuai dengan bakat dan minatnya di bidang multimedia di Solo.

Dengan merencanakan sekolah kejuruan yang sudah ditetapkan Andi, menjadi bentuk bagaimana Andi mendukung minat dan bakat anaknya itu. Selain itu, Andi juga memberi fasilitas berupa komputer dengan spek yang dibutuhkan untuk menunjang kreativitasnya.

Meskipun waktu luangnya dihabiskan untuk membuat komik di telepon pintarnya, bungsu dari dua bersaudara ini tidak punya masalah dengan pergaulan sosialnya. Andi menjelaskan justru Rainhart ini kalau di sekolah disukai teman-temannya, bahkan dirinya juga menjadi ketua kelas.

Tags: , ,