Hotel dan SMK Bidang Perhotelan Bersinergi Merancang Kurikulum

Pendidikan dengan institusi penyedia lapangan kerja harus bersinergi di era industri 4.0 ini. Dengan adanya sinergi ini, anak didik yang masih mengemban sebuah edukasi dapat mempersiapkan diri untuk memasuki dunia kerja. Apalagi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang akan menghasilkan profesional-profesional muda yang siap masuk dunia kerja

Menjadi salah satu penyedia lapangan kerja, Hotel merupakan salah satu menjadi lapangan percontohan bagaimana industri hospitality berjalan bagi para pelajar SMK bidang terkait. Hotel menjadi sasaran para siswa-siswi magang dari sekolah-sekolah bidang industri hospitality, baik dari level sekolah menengah hingga tinggkat diploma atau strata. Maka dari itu, sudah seharusnya Hotel dan SMK bidang perhotelan harus menjalin sinergi.

Setelah sebelumnya mendapatkan kunjungan dari lembaga diploma perhotelan di Solo, kini hotel dengan label Safe travel dan juga Hotel Bintang 4 terbaik di Jawa Tengah, The Alana Hotel & Convention Solo (Disingkat: The Alana Solo) kembali menjadi percontohan institut pendidikan kejuruan formal di Surakarta, SMK Negeri 4 Surakarta.

SMK Negeri terbaik di Surakarta, khusus di bidang akademisi perhotelan melakukan penandatanganan kesepakatan kerjasama dengan The Alana Solo yang dilakukan bersamaan dengan acara Workshop Penyelarasan Kurikulum, Sarpas Berbasis Industri yang digelar di aula SMK Negeri 4 Surakarta pada 6 Oktober 2020 silam.

Baca Juga:  Bawaslu Solo Ajak Masyarakat Ikut Awasi Protokol Kesehatan

“Hari ini, menjadi sebuah hari yang sungguh membanggakan bagi kita semua karena SMK Negeri 4 Solo memilih kami, The Alana Hotel & Convention Center Solo, sebagai proyek percontohan. Tapi sebelum kami dipilih, ada baiknya kami menyapaikan mengapa hal tersebut adalah pilihan yang tepat. Kami di dalam management Archipelago International, telah menjadi jaringan hotel terbesar di Indonesia telah memiliki lebih dari 150 hotel. Baru saja kemarin, Food & Beverage produk kami menjadi juara kedua dan Engineering kami juara pertama dalam iAudit se-Indonesia,” terang Sistho A. SRESHTHO, ST, CHA, selaku General Manager The Alana Hotel & Convention Center Solo, dalam sambutannya. Yang tertulis lewat press release

Lebih lanjut, Kepala Sekolah SMK Negeri 4 Surakarta, Wening Sukmanawati S.Pd M.Pd, menuturkan bahwa kesepakatan ini menjadi langkah penting bagi SMK Negeri 4 Surakarta guna mempersiapkan anak didiknya untuk menjadi lebih baik dan lebih siap untuk terjun ke dunia kerja. Tidak tanggung-tanggung, Wening mencanangkan bahwa SMK Negeri 4 Surakarta ini akan mencontoh hotel dengan predikat Cumlaude CHSE (Clean, Healthy, Safety,Environtment) baik dari sisi kurikulum maupun touch up atau sentuhan ruangannya.

Baca Juga:  Terkait BPUM, Pelaku Usaha Mengeluh Ke Disdagnakerkop Dan UKM Karanganyar

“Kami tentunya ingin, bagaimana The Alana Hotel & Convention Center Solo ini beroperasi juga menjadi acuan pembelajaran kami. Selain itu, kami juga mengundang jajaran Head of Department tersebut untuk dapat mengajar di sekolah demi meningkatkan kualitas tenaga pengajar kami,” jelas Wening.

Dalam Perjanjian Kerjasama tersebut, SMK Negeri 4 Surakarta dan The Alana Solo sepakat untuk menyusun kurikulum bersama, pembelajaran bersama dengan sistem guru tamu, serta memberikan pengarahan dan bimbingan dalam proses belajar mengajar dan praktek di lapangannya.

“Namun di atas itu semua, kami juga ingin anak-anak benar-benar siap untuk terjun ke dunia kerja terutama dunia perhotelan. Kerjasama ini juga diharapkan dapat meningkatkan kualitas anak-anak yang pastinya dapat menjadi nilai tambah sehingga menambah angka penyerapan tenaga kerja lulusan dari SMK Negeri 4 Surakarta,” pungkas Wening.

Tags: , ,