Huawei Akan Dicekal Oleh Pihak Inggris Dari Jaringan 5G

Huawei Akan Dicekal Oleh Pihak Inggris Dari Jaringan 5G

Inggris akan segera berhenti menggunakan peralatan dan teknologi Huawei di jaringan 5G tahun ini. Larangan ini diberlakukan karena alasan keamanan nasional.

Pejabat pemerintah telah menyiapkan proposal untuk menghentikan pemasangan peralatan Huawei baru di jaringan 5G dan mempercepat penarikan teknologi yang telah diinstal, seperti yang dikutip oleh Reuters, berdasarkan laporan dari The Telegraph, Senin (6/7/2020)

Pelarangan itu muncul setelah National Cyber Security Center menemukan ancaman keamanan baru dari perusahaan asal China tersebut.

Laporan NSCC menyimpulkan bahwa sanksi yang dijatuhkan Amerika Serikat terhadap Huawei akan memaksa perusahaan itu untuk menggunakan teknologi yang tidak dipercaya. Dikhawatirkan teknologi tersebut dapat menyebabkan risiko yang tidak bisa terkendali.

Baca Juga:  Gergaji Mobile Buatan SMK Kristen 2 Solo Siap Dipasarkan

Sanksi tersebut berdampak negatif dan mengubah perhitungan NSCC. Laporan lengkap dari NSCC nantinya akan diberikan ke Perdana Menteri Boris Johnson minggu ini.

Johnson sendiri sebelumnya telah menyetujui partisipasi Huawei dalam pengadaan 5G di Inggris pada bulan Januari dengan beberapa syarat. Huawei mungkin tidak berpartisipasi dalam pembangunan inti jaringan 5G Inggris, pangsa pasarnya dibatasi hanya 35% dan Huawei dilarang di wilayah geografis tertentu yang sensitif.

Pelarangan partisipasi Huawei dalam jaringan 5G Inggris mengikuti kebijakan AS. AS sendiri sebelumnya telah mewanti-wanti sekutunya seperti Inggris dan India untuk tidak menggunakan peralatan Huawei dalam jaringannya.

Huawei telah masuk dalam daftar hitam pemerintah AS sejak Mei 2019 setelah dimasukkan ke dalam ‘entity list’. Presiden Donald Trump juga menandatangani perintah eksekutif yang melarang raksasa telekomunikasi tersebut untuk berbisnis dengan perusahaan AS karena alasan keamanan nasional bahwa Huawei memiliki hubungan erat dengan pemerintah China.

Tags: , ,