Ilmuwan Indonesia Banyak Berkarya di Luar Negeri

Ilmuwan Indonesia

Surakarta, SOLORAYA.ID – Indonesia tidak hanya kaya akan sumber daya alam yang sangat beragam dan banyak banyak diburuh oleh bangsa dari luar. Namun, Indonesia juga memiliki daftar ilmuwan yang berkarya di luar negeri. Mengapa?

Orang Indonesia yang kuliah ke luar negeri pada umumnya karena jurusan yang diinginkan seseorang belum ada di dalam negeri. Jika pun ada faktor lain yang memotivasi adalah adanya peluang di luar negeri yang menawarkan beasiswa dan kualitas atau akreditasi lebih baik jika dibandingkan kampus dalam negeri.

Beberapa nama orang Indonesia yang terkenal di luar negeri karena hasil karyanya selain (Alm) B.J. Habibi sudah memiliki hak paten dan banyak diaplikasikan dalam dunia sains, seperti :
(1) Prof. Khoirul Anwar, penemuannya yang mendunia adalah tentang Fast Fourier Transform (FFT) tentang teknologi dalam jaringan LTE.
(2) Dr. Yogi Ahmad Erlangga, penemu rumus matematika berdasarkan persamaan Helmholtz, membuat pencarian sumber minyak bumi lebih cepat dan akurat.
(3) Dr. Warsito Purwo Taruno, penemu alat pemindai (ECVT) 4 dimensi (4D).
(4) Prof. Josaphat T. S. Sumantyo, penemu radar 3 dimensi.
(5) Dr. Eniya Listiani Dewi, penemu membran sel bahan bakar menggunakan unsur Vanadium.
(6) Dr. Johny Setiawan, penemu planet baru HIP 13044b.

Baca Juga:  Dalami Kasus Eks Bupati Lampung Tengah, KPK Panggil 8 Saksi

Membangun Indonesia yang beragam sumber daya alam yang tersebar dari Sabang sampai Merauke tentu membutuhkan teknologi dan para ahli di bidangnya masing-masing sektor. Para ahli sangat dibutuhkan dalam hal ini.
Seperti yang diungkapkan Presiden Joko Widodo, “pembanguan sumber daya manusia di tahun 2020 untuk mempersiapkan Indonesia bersaing di dunia”, tentunya peran dari para ahli yang telah disebutkan di atas.

Faktor penarik anak muda Indonesia tetap di luar negeri setelah lulus memang bisa dipungkuri seperti fasilitas pendapatan, pendidikan berkelanjutan, pensiunan mereka. Pemerintah tentunya telah membuat regulasi perihal bagaimana menggaet talenta pemuda pemudi Indonesia yang berada di luar negeri kembali ke Indonesia, berkarya untuk Indonesia, dan untuk kemajuan Indonesia.

Baca Juga:  KPK Terus Gali Bukti Kasus Pencucian Uang Eks Sekretaris MA

Indonesia butuh lebih banyak lagi ilmuwan, supaya Indonesia lebih kuat dari sisi sumber daya manusia di mata dunia. **

Tags: ,