Indonesia Mundur dari Piala Thomas dan Uber 2020

Indonesia Mundur dari Piala Thomas dan Uber 2020

Tim nasional bulu tangkis Indonesia dipastikan mundur dari kejuaraan beregu bergengsi Piala Thomas dan Uber 2020 yang akan berlangsung di Aarhus, Denmark, 3-11 Oktober mendatang.

Hendra Setiawan selaku kapten Tim Thomas Indonesia menyampaikan bahwa sejumlah pemain mulai menyuarakan kegelisahan tentang perkembangan Covid-19 di seluruh dunia yang belum juga menunjukkan kabar baik.

Hendra mengatakan, “Minggu lalu anak-anak banyak yang ngomong kalau di sana kena (corona) bagaimana karena kasusnya belum turun. Akhirnya kami bertemu Ci Susy (Susanti) dan Pak Budi (Achmad Budiharto). Mereka mengerti kondisi pemain karena menyadari pemain yang bakal menghadapi kondisi pertandingan”.

Ia mengaku bahwa kebimbangan para pemain tersebut sudah menjadi sinyal kuat bahwa Indonesia tak semestinya untuk berangkat.

Baca Juga:  Nantinya Pelat Nomor Kendaraan Pakai Chip

Hendra menuturkan, “Dalam pertandingan seperti Piala Thomas, pemain harus benar-benar fokus. Sebelum main kami harus memikirkan protokol kesehatan plus memikirkan strategi menghadapi lawan”.

“Hal tersebut bisa memecah konsentrasi para pemain. Kalau dari hati sudah setengah-setengah tentu bakal susah,” tambah Hendra.

Setelah pertemuan pertama dengan Susy dan Budi, sejumlah perwakilan pemain kembali bertemu dengan jajaran pengurus.

Hendra mengaku, pandemi Covid-19 membuat dirinya tidak mantap untuk pergi ke luar negeri dan mengikuti turnamen.

Hendra mengatakan, “Terus terang saya juga takut bila ada apa-apa di sana. Mungkin atlet kuat tetapi kan tidak tahu apa yang mungkin terjadi”.

Sementara itu, Budi selaku Sekjen PBSI menyampaikan bahwa pertimbangan faktor keselamatan atlet Indonesia jadi prioritas di balik keputusan yang diambil tersebut.

Baca Juga:  Mandalika Siap Menggelar WSBK 2023 Hingga MotoGP 2023

Di sisi lain, Budi juga memandang bahwa tata cara dan pihak bertanggung jawab soal kemungkinan risiko terkena corona.

“BWF memberitahukan soal tes swab tiga hari jelang keberangkatan lalu prosedur tes swab di sana. Namun belum dijelaskan siapa nanti yang bakal bertanggung jawab bila ada pemain yang positif di sana?” imbuh Budi.

Incoming search terms:

  • update piala thomas and ubwr
Tags: , ,