Ini Penjelasan Tentang Apakah Boleh Sarapan Pisang di Pagi Hari

Ini Penjelasan Boleh Tidak Sarapan Pisang di Pagi Hari

Banyak orang merasa sulit untuk sarapan. Apalagi jika sudah terburu-buru melakukan aktivitas, beberapa orang sering memilih untuk sarapan menyantap pisang. Tidak diragukan lagi ini adalah pilihan praktis untuk mengisi perut.

Jadi bagaimana manfaat untuk kesehatan dari sarapan pisang? Melansir Live Science, pisang mengandung vitamin C, B6, mineral magnesium, kalium atau potasium. Selain itu pisang juga kaya akan antikosidan, tembaga, mangan dan nutrisi lainnya.

Dengan beragam nutrisi, apakah cukup dengan sarapan pisang di pagi hari? Melansir MSN, ahli gizi sekaligus diet di Amerika Serikat, Dr. Daryl Gioffre mengatakan pisang memiliki nutrisi yang baik untuk kesehatan. Namun, kadar gula pisang, terutama yang buahnya sudah matang, cukup tinggi.

Baca Juga:  Uni Emirat Arab Resmikan Nama Jalan Presiden Joko Widodo di Abu Dhabi

“Pisang bisa memberikan pasokan energi dengan cepat. Tapi efeknya hanya sementara. Setelah itu, tubuh masih lapar dan ingin mengemil,” jelas dia.

Selain jadi rentan mengemil, sarapan asal-asalan tanpa gizi seimbang juga rentan membuat makan siang dan makan malam jadi berlebihan.

Seberapa baik itu? Meskipun makan pisang dengan perut kosong di pagi hari cenderung membuat Anda lapar dan ngemil, itu bukan berarti Anda tidak boleh sarapan dengan pisang.

Melansir Medical News Today, makan pisang bersama dengan sumber protein atau lemak sehat untuk memenuhi kebutuhan gizi seimbang. Anda bisa makan pisang dengan kacang atau biji-bijian. Salah satunya dengan kacang almond, sereal atau oatmeal sehingga tahan lapar lebih lama.

Baca Juga:  Acara Ulang Tahun Keluarga Asal Bumi Solo Bikin Rantai Covid-19 Jadi Panjang

Sebagai tambahan protein, Anda bisa melengkapinya dengan yoghurt tawar karena pisang sudah mengandung gula alami. Selain itu, pertimbangkan untuk memiliki jenis pisang yang belum terlalu matang.

Pisang yang belum terlalu matang memiliki kadar glikemik indeks yang lebih rendah ketimbang pisang matang. Dengan begitu, Anda bisa sarapan pisang tanpa khawatir gula darah gampang naik turun dengan cepat dan tubuh jadi gampang lemas atau lapar.

Tags: , , ,