Inovasi Baru dalam Budidaya Ikan Lele di Boyolali

Teknologi pertanian kian hari kian maju dengan inovasi terbaru. Salah satunya dengan melakukan sistem bioflok akuaponik.

Melansir dari laman resmi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali, www.boyolali.go.id, Bioflok akuaponik merupakan suatu sistem pemeliharaan ikan dengan cara menumbuhkan mikroorganisme.

Hal tersebut berfungsi untuk mengolah limbah budidaya menjadi gumpalan-gumpalan kecil yang bermanfaat sebagai makanan alami ikan.

Hal tersebut yang sedang dilakukan Kelompok Budidaya Ikan (Pokdakan) Girimulyo 3 Desa Giriroto, Kecamatan Ngemplak.

Delapan kolam disediakan untuk menebar 3.000 benih ikan lele yang dihibahkan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan RI, Sabtu (19/12/2020).

Kepala Desa Giriroto, Purwanto, mengatakan bahwa ini adalah salah satu metode integrated farming dimana pengelolaan ikan bersamaan dengan pengelolaan tanaman yang bisa dibudidayakan dan dikembangkan oleh masyarakat di masa pandemi ini

Baca Juga:  Upacara Pembukaan Pospenas IX 2022 Solo di Stadion Manahan Berlangsung Meriah

“Ini integrated farming, ada ikan, ada tanaman tambahan lain yang bisa digunakan untuk budidaya masyarakat,” ujar Kepala Desa Giriroto, Purwanto.

Ketua Pokdakan Girimulyo 3 Desa Giriroto, Sugeng, berharap dengan adanya sistem bioflok-akuaponik ini bisa menginspirasi dan menjadi motivasi untuk masyarakat yang membudidayakan ikan lele. Karena tiga hingga empat bulan hasil budidaya lele sudah bisa dipanen.

“Kita nanti budidaya pembesaran dari benih sampai panen kurang lebih tiga sampai empat bulan,” pungkasnya.

Kabupaten Boyolali merupakan area Soloraya yang dikenal dengan peternakan ikan lelenya. Daerah di kabupaten susu yang paling banyak dikenal dengan ternak lelenya adalah Kecamatan Sawit.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, setiap harinya Boyolali mampu memproduksi 37 ton ikan lele per hari dan menjadi pemasok untuk kota-kota sekitarnya, seperti Yogyakarta dan Semarang.

Baca Juga:  Upacara Pembukaan Pospenas IX 2022 Solo di Stadion Manahan Berlangsung Meriah

Incoming search terms:

  • inovasi pada budidaya lele
Tags: , ,