Instagram Kembangkan Pesaing Clubhouse

Instagram Kembangkan Pesaing Clubhouse

Clubhouse menjadi topik yang hangat dibicarakan netizen di media sosial belakangan ini. Hal tersebut dipicu oleh pemilik Telsa Inc, Elon Musk yang mengaku mengadakan sesi diskusi di aplikasi tersebut.

Aplikasi ini ditengarai terus meroket dan membuat banyak perusahaan teknologi berlomba-lomba mengembangkan tiruannya.

Salah satunya adalah Instagram yang baru-baru ini terungkap sedang mengembangkan fitur ‘audio rooms’.

Melansir dari MSPowerUser pada hari Minggu (7/3/2021) kemarin, keberadaan fitur ini pertama kali ditemukan oleh developer Alessandro Paluzzi. Sepertinya fitur ini akan menjadi bagian dari Instagram dan tidak akan menjadi aplikasi terpisah.

Dari screenshot yang diunggah Paluzzi di akun Twitter-nya, diketahui audio rooms ini bisa diakses melalui menu Chats di aplikasi Instagram.

Bila sebelumnya hanya ada dua tombol untuk mengirim pesan baru dan membuat panggilan video, kini ada tombol ketiga dengan ikon mikrofon.

Paluzzi tidak memberikan penjelasan lebih lanjut terkait cara kerja fitur Audio rooms ini.

Seperti yang diketahui, Instagram sendiri baru-baru ini meluncurkan fitur Live Rooms secara global. Fitur tersebut memungkinkan pengguna Instagram untuk live bersama tiga orang lainnya.

Instagram juga memiliki fitur Rooms yang memungkinkan pengguna untuk melakukan panggilan video dengan partisipan hingga 50 orang.

Fitur tersebut juga terintegrasi dengan Messenger dan pengguna yang tidak memiliki akun Instagram atau Messenger tetap bisa bergabung.

Di sisi lain, Paluzzi juga mengungkap Instagram sedang menyiapkan sistem enkripsi end-to-end untuk pesan yang dikirim lewat chat.

Fitur tersebut tentu bisa membuat pengguna yang sadar privasi merasa lebih aman karena percakapan mereka tidak bisa diintip siapapun.

Namun apa yang dilakukan oleh Instagram ini rasanya juga tidak menjadi hal yang mengejutkan. Pasalnya aplikasi sosial media besutan Mark Zuckerberg, Facebook pun diketahui juga tengah berniat mengembangkan layanan serupa Clubhouse.

Selain itu, Twitter juga diketahui tengah merilis fitur audio chat bernama Spaces dalam versi beta untuk pengguna Android dan iOS.

Perusahaan induk TikTok, ByteDance, juga mengembangkan aplikasi mirip Clubhouse. Bahkan Xiaomi juga dilaporkan tengah membangkitkan kembali aplikasi Mi Talk menjadi aplikasi audio chat khusus untuk kaum profesional.

Tags: , ,