Izin Reklamasi Ancol Diterbitkan Anies, Relawan Pendukung Kecewa

Izin Reklamasi Ancol Diterbitkan Anies, Relawan Pendukung Kecewa

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, dianggap membuat kecewa terhadap relawan pendukungnya saat Pilgub DKI 2017. Mereka kecewa lantaran Anies Baswedan menerbitkan izin atas reklamasi perluasan Ancol.

Kepgub nomor 237 tahun 2020 terkait izin perluasan kawasan reklamasi Dufan seluas 35 hektare (ha) dan kawasan rekreasi Taman Impian Jaya Ancol seluas 120 ha itu, telah ditolak oleh relawan yang tergabung dalam Jaringan Warga (Jawara), Forum Komunikasi Nelayan Jakarta, dan Forum Lintas Masyarakat Jakarta Utara. Para relawan menilai Gubernur Jakarta itu telah melanggar janji kampanye pada Pilkada 2017 yang lalu.

Saat Pilkada 2017 lalu, relawan-relawan ini memutuskan untuk memberikan dukungannya terhadap pasangan Anies-Sandi, lantaran hanya paslon tersebut yang menolak adanya reklamasi.

Baca Juga:  Kasus Jembatan Waterfront City, KPK Kembali Periksa 2 Pegawai PT Wijaya Karya

Pada Minggu (5/7/2020), di Pantai Karnaval Ancol, Sandi Suryadinata -Ketua Forum Lintas Masyarakat Jakut- mengatakan, “Nah ini adalah penyelewengan dari satu janji kampanye di mana janji kampanye itu bukan sembarangan, menurut saya ini adalah satu faktor yang membedakan antara sosok Anies dengan saingan politiknya saat itu. Yang satu mendukung reklamasi, yang satu menolak reklamasi. Itu yang membuat Anies jadi pak gubernur. Ini pak gubernur harus ingat, penolakan reklamasi itulah yang membuat dia jadi gubernur. Nah sekarang dia langgar.”

Sandi juga menyinggung masa-masa saat dirinya dan para relawan turun langsung ke lapangan untuk mendukung paslon Anies-Sandi saat Pilkada 2017. Ia menyesalkan keputusan Anies yang menyetujui adanya reklamasi kawasan Ancol.

Baca Juga:  Soal Vaksin, Jokowi Ingin Dijelaskan dengan Detail, Jangan Sampai Dipelintir

Senada dengan Sandi, Sanny A Irsan -Koordinator Relawan Jawara- juga merasakan kekecewaan. Sebelum Kepgub ini terbit, Anies merupakan sosok idola dari para relawan.

Sanny mengungkapkan, “Kami setiap hari berjalan kita roadshow kita keliling kampung agar beliau bisa menang di Pilkada DKI. Dan Alhamdulillah beliau menang dan sampai sebelum Kepgub 237 ini ada kami masih memegang erat memegang teguh bahwa pak Anies ini merupakan idola kami. Ikon kami yang akan kita jaga sampai masa jabatannya berakhir.”

Tags: , ,