Izinkan Lansia Disuntik Vaksin Sinovac, BPOM Ingatkan untuk Berhati-hati

Izinkan Lansia Disuntik Vaksin Sinovac, BPOM Ingatkan untuk Berhati-hati

Untuk informasi, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah memberi persetujuan terkait penyuntikan vaksin Covid-19 buatan Sinovac bagi orang lanjut usia (lansia).

Adapun yang dimaksud dengan definisi lanjut usia adalah mereka yang berusia 60 tahun ke atas.

Penny Lukito selaku Kepala BPOM menyampaikan bahwa selama ini penggunaan vaksin Covid-19 buatan Sinovac baru diperbolehkan untuk kelompok usia 18-59 tahun saja.

Dalam konferensi pers virtual pada hari Minggu (7/2/2021) kemarin, Penny mengatakan, “Berdasarkan hasil pembahasan, pada tanggal 5 Februari 2021 kemarin, BPOM telah mengeluarkan persetujuan penggunaan EUA vaksin CoronaVac untuk usia di atas 60 tahun dengan dua dosis penyuntikan vaksin yang diberikan dalam selang waktu 28 hari”.

Ia juga menambahkan bahwa izin tersebut diterbitkan seiring ditemukannya angka kematian yang tinggi pada kelompok lansia karena Covid-19.

Baca Juga:  BCA Salah Transfer Puluhan Juta, Nasabah Penerima Dilaporkan ke Polisi

Atas dasar itu, menjadi keharusan bagi pemerintah untuk memberikan vaksin Sinovac untuk diberikan pada kelompok lansia.

“Mengingat bahwa populasi lansia merupakan populasi berisiko tinggi, maka pemberian vaksin ini juga harus dilakukan secara hati-hati. Kelompok lansia cenderung memiliki komorbid atau penyakit penyerta yang harus diperhatikan dalam penggunaan vaksin ini,” terangnya.

Ia juga menjelaskan, bahwa BPOM telah melakukan pemantauan terhadap proses uji klinis I dan II di China terhadap orang yang berusia 60 tahun ke atas.

Hasilnya adalah dari 400 orang lansia yang disuntikan mencatatkan hasil imunitas yang baik setelah pemberian dosis kedua, yaitu tingkat imunitasnya menunjukan di angka 97,96 persen.

Sementara itu, menurut informasi di Pusat Informasi Obat Nasional (PIONAS) tentang vaksin Covid-19 CoronaVac untuk lansia menyebut beberapa kondisi yang harus dilaporkan sebelum lansia bisa disuntik vaksin. Di antaranya:

Baca Juga:  Pemerintah Akan Buka Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 13

1. Kesulitan untuk naik 10 anak tangga
2. Penurunan aktivitas fisik (sering merasa kelelahan)
3. memiliki 4 dari 11 penyakit (Hipertensi, diabets, kanker (selain kanker kulit kecil), penyakit paru kronis, serangan jantung, gagal jantung kongestif, nyeri dada, asma nyeri sendi, stroke dan penyakit ginjal)
4. Mengalami kesulitan berjalan kira-kira 100 sampai 200 meter
5. Penurunan berat badan yang bermakna dalam setahun.

Seperti yang diketahui, mulai hari Senin (8/2/2021) ini, pemerintah akan melaksanakan vaksinasi nasional Covid-19 kepada kelompok masyarakat lanjut usia ( lansia).

Tags: , ,