Jabat Wali Kota dan Wakil Wali Kota, Gibran-Teguh akan Pakai Mobil Dinas Lama

Jabat Wali Kota dan Wakil Wali Kota, Gibran-Teguh akan Pakai Mobil Dinas Lama

Saat menjabat nantinya, Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solo terpilih yakni Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakoso, akan memakai mobil dinas lama.

Pasalnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Solo belum berencana membeli mobil dinas baru untuk kedua pemimpin Kota Solo tersebut.

Pada hari Rabu (17/2/2021) kemarin, Herwin Nugroho selaku Kepala Bagian (Kabag) Umum Sekretariat Daerah (Setda) Solo menyampaikan, “Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solo terpilih akan menggunakan mobil dinas yang kemarin untuk masa bakti sebelumnya yang dipakai Pak Rudy dan Pak Purnomo”.

Mengenai usia mobil yang sudah relatif tua, Herwin berharap kendaraan itu bisa tetap optimal saat digunakan untuk menunjang tugas-tugas harian Gibran sebagai wali kota. “Semoga tetap optimal dalam mendukung tugas-tugas,” katanya.

Untuk informasi, Gibran bakal menggunakan mobil sedan hitam yang dibeli tahun 2012 silam tersebut.

Baca Juga:  Selvi Ananda Bicara Soal Menjadi Ketua PKK Solo

Sedangkan mobil dinas yang akan dipakai Teguh Prakosa selaku wakil wali kota juga sedan hitam Toyota Camry namun usianya lebih muda. Mobil itu pengadaan tahun 2016 dan sebelumnya dipakai Wawali Achmad Purnomo.

Mengenai kembali dipakainya mobil dinas lama sebagai kendaraan operasional Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solo terpilih, karena Pemkot Solo belum menganggarkan pengadaan mobil dinas baru.

Anggaran tersebut dipakai untuk penanganan pandemi Covid-19.

Terkait belum adanya anggaran untuk mobil dinas baru, Ahyani selaku Sekretaris Daerah (Sekda) Solo juga turut membenarkannya.

Ahyani menyampaikan bahwa saat ini banyak anggaran yang difokuskan untuk Covid-19.

Ahyani mengatakan, “Iya, masih menggunakan mobil dinas lama. Kalau mobil dinas wali kota pengadaannya tahun 2012. Pak Wakil tahun 2016 atau 2017. Lebih muda punya Pak Wakil”.

Baca Juga:  Pesan Ahmad Sukina Semasa Hidup Untuk Warga MTA

Seperti yang diketahui, Pemkot Solo sempat akan membeli mobdin baru untuk Wali Kota pertengahan tahun 2020 lalu.

Ketika itu Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Solo mengajukan draf perubahan APBD 2020 dengan memasukkan rencana pengadaan empat mobil dinas baru. Dari empat pengajuan itu, salah satunya untuk Wali Kota. Sedangkan tiga mobdin lainnya untuk pimpinan DPRD Solo.

Namun, rencana pengadaan empat mobdin baru dengan anggaran Rp2,2 miliar itu ditunda dengan berbagai pertimbangan, salah satunya kondisi pandemi Covid-19. Penundaan pengadaan mobdin itu disetujui TAPD dan Banggar DPRD.

Tags: , ,