Jaga PTM , Satpol PP Karanganyar Pilih Tak Berseragam

Jaga PTM , Satpol PP Karanganyar Pilih Tak Berseragam

Seperti yang diketahui, mulai hari Senin (5/4/2021) mendatang, sejumlah sekolah di Kabupaten Karanganyar yakni SMPN 1, SMAN 1, SMKN 1, MTsN 2 Karanganyar, dan MAN 1 Karanganyar akan melaksanakan uji coba pembelajaran tatap muka (PTM).

Terkait hal tersebut, Satpol PP Karanganyar yang bertugas untuk menjaga keamanan pelaksanaan PTM di sekolah memilih tidak berseragam untuk menjaga psikologis siswa dan orang tua yang mengantar jemput.

Yophy Eko Jatiwibowo selaku Kepala Satpol PP Karanganyar mengatakan, bahwa personel dilibatkan untuk menjaga ketertiban siswa dan orang tua yang mengantar agar mematuhi protokol kesehatan selama uji coba PTM berjalan.

Disisi lain, pihaknya juga ditugaskan untuk memastikan bahwa lingkungan sekolah bebas dari kantin dan PKL yang biasanya berjualan di sekitar sekolah.

Baca Juga:  Digelar Hybrid dari Solo, IMF 2021 Usung Tema Kebhinekaan

Pada hari Rabu (31/3/2021) lalu, Yhopy menuturkan, “Kami memang dilibatkan untuk mengawasi dan mengingatkan untuk protokol kesehatan. Untuk meminimalisasikan potensi persebaran Covid-19 siswa kan diminta membawa bekal sendiri dari rumah dan tidak diperbolehkan jajan di luar atau kantin sekolah. Jadi kami juga memastikan agar sekolah bebas dari para pedagang keliling yang biasanya akan berjualan di sana”.

Saat melaksanakan tugasnya mengawasi protokol kesehatan dalam PTM, personel Satpol PP Karanganyar diminta Bupati Karanganyar yakni Juliyatmono, agar tidak terlalu terlihat mencolok.

Sehingga, personel yang ditugaskan tidak akan mengenakan seragam untuk menjaga dampak psikologis terhadap siswa.

“Kami sudah diingatkan agar tidak terlalu mencolok dan formal. Takutnya malah membuat anak-anak khawatir atau berdampak pada psikologisnya. Jadi kami memutuskan memakai pakaian preman saat bertugas agar terlihat biasa saja seperti waktu sekolah pada umumnya. Saat mengingatkan pun kami juga persuasif,” jelasnya.

Baca Juga:  Digelar Hybrid dari Solo, IMF 2021 Usung Tema Kebhinekaan

“Aparat mulai berjaga di sekitar sekolah pada H-1. Jangan sampai mengusik tatanan,” katanya lagi.

Satgas Covid-19 juga telah menyurvei persiapan uji coba dari aspek fisik dan administratif. Aspek fisik seperti sarana skrining dan higienis sedangkan administratifnya seperti pernyataan kesanggupan orangtua mengizinkan anaknya bersekolah tatap muka. Seluruh guru dan tenaga kependidikan juga telah divaksinasi.

Tags: , ,