Jelang Libur Nataru, Dishub Klaten Pantau Terminal Ir. Soekarno

Sebagai upaya pencegahan wabah Covid-19 di momen liburan akhir tahun atau Natal dan tahun Baru (Nataru), Dinas Perhubungan (Dishub) Klaten memastikan akan melakukan pemantauan bagi para pendatang atau perantau dari daerah luar Klaten yang masuk ke Klaten melalui Terminal Ir. Soekarno.

Pemantauan yang dilakukan ini berupa pendataan bagi pendatang dan perantau yang berasal dari daerah perantauan, seperti Jawa Barat, Jawa Timur, Jakarta, hingga luar Jawa.

Pelaksana Tugas (Plt) Dishub Klaten, Sudiyarsono, mengatakan bahwa pendataan dilakukan dengan melacak alamat tujuan mereka di Klaten untuk nantinya dilakukan pemantauan lebih lanjut.

“Kami data per orang alamat mereka, tujuannya kemana, dan kami sampaikan data itu ke gugus tugas kecamatan di tempat tujuan untuk dilakukan pemantauan lebih lanjut,” kata Sudiyarsono, Jumat (18/12/2020).

Sudiyarsono mengatakan ada tren peningkatan jumlah penumpang tiba di Terminal Ir Soekarno Klaten selama empat hari terakhir meskipun belum signifikan. Berdasarkan data yang dihimpun, jumlah penumpang bus malam yang tiba pada Senin (14/12/2020) ada 21 orang. Selasa (15/12/2020) 13 orang, Rabu (16/12/2020) 12 orang, dan Kamis (17/12/2020) 44 orang.

Mereka yang datang ke terminal Klaten dari berbagai daerah seperti Jakarta, Tangerang, Serang, Denpasar, Bogor, Depok, Bandung, serta Sumatera.

Sebelumnya, Bupati Klaten, Sri Mulyani, berharap warga Klaten yang saat ini berada di perantauan tak mudik saat libur panjang akhir tahun mendatang. Pasalnya, kondisi persebaran Covid-19 belum membaik.

Jika tetap mudik ke Klaten, mereka diminta menaati protokol kesehatan ketat serta melakukan karantina mandiri selama 14 hari. Gugus tugas tingkat kecamatan, desa, dan RW diimbau memperketat pengawasan penduduk yang datang ke masing-masing wilayah.

Incoming search terms:

  • patung soekarno sukoharjo
Tags: , , , , ,