Jika Tak Ingin Dicap Gagal, Gibran Wajib Teruskan Prestasi FX Rudy

Jika Tak Ingin Dicap Gagal, Gibran Wajib Teruskan Prestasi FX Rudy

Wali Kota Solo terpilih yakni Gibran Rakabuming Raka wajib melanjutkan prestasi dan gaya kepemimpinan wali kota sebelumnya yakni FX Hadi Rudyatmo.

Hal itu disampaikan oleh salah satu tokoh Kota Solo yaitu BRM Kusumo Putro.

Kusumo menyebut bahwa FX Rudy dan wakilnya Achmad Purnomo telah berhasil menerapkan konsep kepemimpinan Jawa yakni “andhap asor” atau merendahkan diri untuk memberi hormat kepada orang lain.

Pada hari Kamis (18/2/2021) kemarin, Kusumo mengatakan, “Gibran harus menjalankan konsep itu, bila tidak ingin dianggap gagal jadi pemimpin”.

Kusumo menjelaskan bahwa sosok FX Rudy-Purnomo telah mengukir sejarah baru bagi kota Solo, dengan sejumlah prestasi yang membanggakan dikala pasangan tersebut menjabat.

Praktis warga masyarakat kota Solo kehilangan sosok pemimpin yang langka.

Tak hanya itu saja, Kusumo menambahkan bahwa sosok FX Rudy adalah bapaknya Wong Solo, dimana mampu melakukan pendekatan secara humanis kepada semua lapisan masyarakat Kota Solo.

Baca Juga:  Fahri Hamzah-Ahok Sudah Temui Gibran di Solo, Bagaimana dengan Fadli Zon?

Ia menyampaikan, “Dalam satu bulan empat kali keliling masuk kampung, melalui program Sonjo Wargo, dan hanya ada Solo. Daerah lain saya belum melihat. Turun ke bawah menyambangi ‘wong cilik’ dan mendengarkan keluhannya”.

Bahkan Kusumo menegaskan bahwa tidak banyak pemimpin di daerah yang seperti ini, maka sangat pantas kalau Pak Rudy dijuluki “Bapaknya Wong Cilik Warga Solo”.

“Bukti yang paling sederhana sekalipun, ia akan mendatangi setiap undangan dari warganya ketika menggelar hajatan tanpa membeda-bedakan status sosial. Bahkan ketika ada warga yang ‘kesripahan’, ia selalu mengutamakan untuk dapat hadir,” terangnya.

Di era digital saat ini, masyarakat Kota Solo sudah semakin cerdas.

Mereka dapat menilai kinerja para pejabat yang baik maupun yang tidak baik.

Baca Juga:  Komisi V DPR RI Kunjungi Kawasan Ngarsopuro

Oleh karena itu, Kusumo juga berharap kepada Wakil Walikota Teguh Prakosa, yang mendampingi Gibran dapat menjadi penyeimbang untuk menutup celah kekurangan.

Kusumo berharap bahwa Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solo yang akan dilantik nantinya, mampu melanjutkan semua program yang telah dijalankan oleh Rudy dari berbagai lini. Mulai sektor pendidikan, ekonomi, budaya, sosial maupun infrastruktur.

Sementara itu, Ganjar Pranowo selaku Gubernur Jawa Tengah (Jateng) menegaskan bahwa pelantikan Bupati/Wali Kota terpilih pada Pilkada Serentak 2020 akan digelar secara virtual.

Ganjar juga menyampaikan bahwa rencananya proses pelantikan digelar pada tanggal 25 Februari atau 26 Februari mendatang.

Orang nomor satu di Jateng itu menuturkan, “Sudah ada ketentuannya, sudah kami siapkan nanti tanggal 25 atau 26. Nanti kami gelar secara virtual”.

Tags: , ,