Jok Dicopot, Gibran Gunakan Mobil Dinas untuk Angkut Beras

Jok Dicopot, Gibran Gunakan Mobil Dinas untuk Angkut Beras

Seperti yang diketahui, saat pelantikan bulan Februari lalu, Gibran Rakabuming Raka selaku Wali Kota Solo memilih mobil Toyota Innova sebagai kendaraan dinasnya.

Sebelum dilantik, Gibran menggunakan mobil Mitsubishi Pajero Sport warna putih untuk aktivitas sehari-hari.

Putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) beralasan bahwa mobil tersebut lebih lincah dan cocok di segala medan dibandingkan sedan.

Tetapi ternyata ada alasan lain yang membuatnya memilih kendaraan jenis Multi Purpose Vehicle (MPV) alias mobil multiguna itu.

Dia tidak sekadar menggunakannya sebagai kendaraan penumpang.

Dalam sebuah unggahan akun Instagram @gibranrakabuming_official, terlihat mobil dinasnya yang berupa Toyota Kijang Innova justru dipakai untuk mengangkut beras.

Gibran mengaku beras-beras tersebut biasanya dibagi-bagi ke orang-orang yang membutuhkan, khususnya saat bertemu di jalan.

Kursi belakang pun dilepas agar mampu memuat beras lebih banyak. Gibran hanya menyisakan satu kursi di baris tengah untuk dia duduk. Sedangkan kursi depan digunakan untuk pengemudi dan ajudan.

“Mobil itu kursinya dilepas lantas diisi beras,” jelasnya.

Beras tersebut ditaruh di dalam kabin mobil bagian belakang. Jok belakang pun rela dicopotnya demi bisa memuat beras yang cukup banyak. Walikota Solo ini tak menyebutkan seberapa banyak beras yang dibawa ke dalam mobil.

“Tidak usah disebutkan,” katanya.

Gibran mengaku membagikan beras tersebut saat berangkat dan pulang kerja.

“Berangkat kantor dan pulang kantor lihat tukang becak atau mbah-mbah, saya mandek (berhenti) sebentar untuk membagikannya,” ujarnya.

Tags: , ,