Jokowi: Pelanggar Protokol Kesehatan Bakal Diberi Sanksi

Jokowi: Pelanggar Protokol Kesehatan Bakal Diberi Sanksi

Dalam waktu dekat, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan segera mengeluarkan intruksi khusus kepada para gubernur untuk memberikan sanksi bagi masyarakat yang masih melanggar protokol kesehatan.

Kabar tersebut disampaikan Presiden Jokowi pada hari Rabu (15/7/2020) kemarin di Istana Kepresidenan Bogor, saat Jokowi memberikan pengarahan untuk para gubernur mengenai percepatan penyerapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2020.

Mengutip dari laman Sekretariat Kabinet, Jokowi menegaskan, “Saya juga akan segera mengeluarkan Inpres (instruksi presiden) kepada gubernur, dalam rangka apa? Agar keluar yang namanya sanksi untuk pelanggar protokol”.

Orang nomor 1 di Indonesia tersebut menegaskan bahwa masyarakat yang sampai saat ini tidak mematuhi protokol kesehatan memang perlu diberikan sanksi agar memiliki kesadaran di tengah pandemi virus corona (Covid-19).

Baca Juga:  Mahfud MD Ditantang FPI Untuk Tracing di Solo & Surabaya

Jokowi menerangkan, “Memang harus diberi sanksi. Kalau ndak, masyarakat kita ini tidak memilliki kesadaran untuk pakai masker, untuk jaga jarak. Dan kita serahkan kepada gubernur sesuai dengan kearifan lokal masing-masing mengenai sanksi ini, memang harus ada”.

Disamping itu, Jokowi sendiri menegaskan bahwa pengenaan sanksi bagi masyarakat yang melanggar protokol kesehatan masih tahap pembahasan.

Jokowi menjelaskan, “Masih kita bicarakan dalam bentuk denda, mungkin dalam bentuk kerja sosial atau dalam bentuk tipiring (tindak pidana ringan)”.

Selain itu, Jokowi juga meyakini para kepala daerah terutama gubernur dapat mengawasi manajemen pengendalian Covid-19.

“Saya meyakini para kepala daerah, utamanya para gubernur, bisa mengontrol manajemen pengendalian Covid-19 ini sehingga benar-benar kita dianggap memiliki kemampuan dalam mengelola negara ini,” imbuh Jokowi.

Tags: , ,