Jokowi Perintahkan Menteri PUPR Untuk Revitalisasi Balekambang Solo Jadi Pusat Kebudayaan Jawa

Jokowi Perintahkan Menteri PUPR Untuk Revitalisasi Balekambang Solo Jadi Pusat Kebudayaan Jawa

Taman Balekambang menjadi calon proyek pemerintah pusat yang akan dikerjakan di Kota Solo.

Basuki Hadimuljono selaku Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengaku diperintahkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk merevitalisasinya menjadi pusat kebudayaan.

Untuk diketahui, Taman Balekambang saat ini merupakan objek wisata di Solo. Selain dapat menikmati suasana hutan dalam kota, Taman Balekambang juga menyajikan hiburan seni budaya, seperti ketoprak dan sendratari Ramayana.

Pada kunjungannya di hari Sabtu (27/3/2021) bersama Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, Basuki mengatakan, bahwa kunjungannya ke Balekambang Solo untuk bernostalgia karena dirinya sejak ditugaskan di Solo pada 1980-1984 sering menonton pentas Srimulat.

“Tahun 80-84 saya sudah ke sini (Taman Balekambang) nonton Srimulat. Dulu saya survei air di sini Gemolong, Tanon, Wonogiri, mess saya di Solo. Kalau habis pulang lapangan terus ke sini”.

Ketika disinggung mengenai revitalisasi Taman Balekambang menjadi pusat kebudayaan.

Basuki menuturkan, “Perintah Pak Presiden untuk ingin membuat pusat kebudayaan Jawa. Saya ingin menerjemahkan perintah itu. Ini yang kita cari rohnya apa. Kalau cuma gedung-gedung kan gampang relatif. Tapi, bukan itu masalahnya. Maka harus hati-hati betul menterjemahkan perintah beliau itu”.

Ia menyebut bahwa mendesain pusat kebudayaan bakal membutuhkan waktu lebih panjang.

Pihaknya masih harus berbicara dengan budayawan agar revitalisasi menjadi optimal.

“ini nggak gampang. Bikin jembatan dan jalan tol jauh lebih gampang. Ini budaya. Harus ada rasa, harus bicara dengan budayawan karena ngomong soal rasa,” ujarnya.

Tetapi, sebagai gambaran Balekambang tetap akan mempertahankan kawasan terbuka hijaunya.

Revitalisasi antara lain dilakukan untuk menghidupkan suasana panggung pertunjukan ketoprak dan Ramayana.

“Nanti ada masterplan-nya. Kami pelajari, saya konsultasikan dulu dengan beliau Pak Wali kalau setuju baru dikerjakan. Tidak mudah bicara budaya itu”, katanya.

Sementara itu, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengatakan, pihaknya masih akan membicarakan lebih lanjut terkait rencana revitalisasi Taman Balekambang Solo.

Tags: , ,