Jual Cupang Curian di Sosmed, Pemuda Asal Solo Ini Ditangkap

Jual Cupang Curian di Sosmed, Pemuda Asal Solo Ini Ditangkap

Galih Prasetyo (22), diringkus polisi pada hari Sabtu (13/3/2021) lalu saat berjualan ikan cupang melalui media sosial.

Sebab, ikan seharga jutaan rupiah itu merupakan ikan dari barang curian.

Kompol Djoko Satrio Utomo selaku Kapolsek Banjarsari menyampaikan bahwa pelaku menawarkan ikan cupang dengan memajang foto-foto di media sosial.

Kasus ini bermula, saat pria asal Joglo, Kecamatan Banjarsari itu melakukan aksinya pada hari Jumat (13/3/2021) lalu. Saat itu, korban tengah tertidur. Ketika bangun, dia tidak melihat ikan dalam toplesnya.

“Kemudian korban melapor kepada saksi, Yudha. Setelah itu korban memantau lewat Facebook di grup jual beli ikan cupang Solo Raya,” jelas Djoko.

Siang harinya, lanjut Djoko, ternyata ada postingan ikan milik korban. Selanjutnya korban mengajak transaksi.

“Dan terlapor (pelaku) memberi alamat rumahnya dan korban mengecek ternyata benar ikan cupang miliknya yang hilang,” ungkapnya.

Saat didesak, pelaku mengakui dia yang mengambil. Setelah dicek kebenaran ikan itu selanjutnya korban menelpon ke Polsek Banjarsari.

“Pada saat itulah kemudian pelaku kami tangkap,” ujar Kapolsek.

Secara keseluruhan ada 11 ikan cupang yang dicuri oleh pelaku dari rumah korban. Jenis ikan cupang yang dicuri memang tergolong mahal.

Diantaranya yakni, jenis Galaxy Yellow seharga Rp 1, 1 Juta, Galaxy seharga Rp 500 ribu serta Red Couple Gold seharga Rp 700 ribu. Selain itu masih ada beberapa jenis lain yang harga terendahnya sekitar Rp 250 ribu.

Total kerugian yang diderita korban yakni mencapai Rp 4,9 juta.

Sementara itu, pelaku menyebut bahwa aksi pencurian tersebut dilakukan secara spontan saat ada kesempatan lantaran pemiliknya sedang tidur.

“Akhirnya saya ambil,” kata pelaku.

Tags: , ,