KA Bandara Kembali Meluncur Setelah 9 Bulan Vakum

Setelah kurang lebih 9 bulan tidak dioperasikannya KA Bandara Internasional Adi Soemarmo (KA BIAS) karena adanya pandemi Covid-19, PT KAI Daop 6 Yogyakarta mengoperasikan kembali KA BIAS mulai tanggal 1 Januari 2021.

Pengoperasian kembali KA Bandara Bandara Internasional Adi Soemarmo relasi Klaten – Solobalapan – Adi Soemarmo (PP) ini bertujuan untuk mengakomodir kebutuhan masyarakat yang akan bepergian menggunakan moda transportasi kereta api serta mempermudah masyarakat yang akan menuju Bandara Internasional Adi Soemarmo menggunakan KA Bandara dari Stasiun Klaten maupun Solobalapan.

Melalui rilis yang diterima Soloraya.id, Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 6 Yogyakarta Supriyanto mengungkapkan, “Mengawali Tahun Baru 2021, PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 6 Yogyakarta akan mengoperasikan kembali KA Bandara Internasional Adi Soemarmo (KA BIAS) mulai Jum’at, 1 Januari 2021. KA Bandara Bandara Internasional Adi Soemarmo yang akan beroperasi kembali ini terbagi menjadi 3 relasi perjalanan yang antara lainnya; KA Bandara relasi Klaten – Adi Soemarmo (PP) dengan total 22 perjalanan, KA Bandara relasi Solobalapan – Adi Soemarmo (PP) dengan total 10 perjalanan, dan KA Bandara relasi Solobalapan – Klaten (PP) dengan total 2 perjalanan”.

Baca Juga:  Gibran Jadi Wali Kota Solo, Selvi Ananda Akan Jabat 2 Posisi Penting
Jadwal Keberangkatan
Jadwal Keberangkatan (2)

Terkait tarif yang diberlakukan, tarif sekali perjalanan antara Stasiun Klaten – Stasiun Adi Soemarmo cukup terjangkau Rp 15.000,- per penumpang, sedangkan tarif perjalanan antara Stasiun Solobalapan – Stasiun Adi Soemarmo Rp 7.000,- per penumpang, serta tarif antara Stasiun Klaten – Stasiun Solobalapan sebesar Rp 8.000,- per penumpang. Para penumpang yang akan melakukan pembelian tiket dapat melalui aplikasi KAI Access mulai H-7 sebelum keberangkatan atau Go Show di Loket Stasiun.

Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 6 Yogyakarta Supriyanto menambahkan, “Hadirnya kembali Angkutan KA Bandara Internasional Adi Soemarmo ini diharapkan dapat menjadi andalan masyarakat sebagai moda transportasi yang terintegrasi antara Pesawat dan Kereta Api sehingga perjalanan lebih nyaman dan tepat waktu.

Dengan perjalanan KA Bandara Internasional Adi Soemarmo yang beragam dari Klaten – Solobalapan – Adi  Soemarmo maupun sebaliknya, masyarakat dapat memilih jadwal perjalanan KA yang beragam tersebut sehingga dapat menyesuaikan jadwal penerbangannya di Bandara Adi Soemarmo. Selain itu diharapkan juga dengan hadirnya kembali KA Bandara ini dapat lebih meningkatkan animo masyarakat untuk menggunakan transportasi massal.

Baca Juga:  Pimpinan MTA Ahmad Sukina Meninggal Dunia

Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 6 Yogyakarta Supriyanto juga mengungkapkan, “Terkait protokol kesehatan selama masa pandemi Covid-19, KAI tetap konsisten mengedepankan protokol kesehatan saat melayani pelanggan. Protokol tersebut seperti pelanggan diharuskan dalam kondisi sehat, mengenakan masker selama perjalanan, dihimbau mengenakan jaket / pakaian lengan panjang, serta dilakukan pengukuran suhu tubuh saat proses boarding. Guna menjaga jarak selama perjalanan, KAI juga hanya menjual tiket sebanyak 70% dari kapasitas tempat duduk yang tersedia. Selain itu, perjalanan KA ini merupakan perjalanan KA lokal sehingga penumpang tidak perlu Rapid Test Covid-19,” tegas Supriyanto.

Tags: , , , ,