Kamu Sudah Update Android 10?

Kamu Sudah Update Android 10?

Android 10 adalah sistem operasi Google tercepat yang diinstal pada ponsel dibandingkan dengan versi lama. Dalam lima bulan, Android 10 telah diinstal pada 100 juta ponsel. Sudahkah Kamu Update?

Menurut Google, adopsi Android 10 pada perangkat adalah 28% lebih cepat dari adopsi Android Pie (Android 9). Vendor smartphone pintar seperti Samsung, Huawei, Vivo, Oppo, Xiaomi, Realme, dan lainnya berusaha secepat mungkin untuk menawarkan pembaruan sistem operasi kepada penggunanya.

Sayangnya, Google rupanya menghapus beberapa informasi penting, seperti persentase perangkat Android yang menjalankan Android 10. Tampaknya jumlahnya kurang dari yang diinginkan Google, seperti dikutip The Verge, Jumat (10/7/2020).

Sebagai informasi, Android 10 diluncurkan pada September 2019. Google telah memaksa produsen smartphone untuk mengadopsi sistem operasi ini sesegera mungkin dengan mengharuskan mereka yang ingin mengajukan permohonan lisensi Android untuk menggunakan Android 10. Persyaratan ini berlaku permintaan izin setelah 31 Januari 2020.

Produsen yang ingin merilis ponsel baru tetapi mengajukan permintaan sebelum 31 Januari 2020 masih diizinkan untuk menggunakan Android OS 9 dan yang lebih lama. Namun, Google akan berhenti memberikan pembaruan pada Android 9 hingga Android 11 dirilis pada Agustus 2020.

Baca Juga:  Rilis Single dan Video Klip Baru, Ariana Grande Jadi Presiden AS

Berikut beberapa fitur canggih nan memudahkan hidup yang ditawarkan Android 10:

Smart Replies
Smart Replies mendapat peningkatan di Android 10. Jika seebelumnya Anda menggunakannya untuk memilih pesan yang telah ditentukan, tetapi fitur ini akan mengenali tautan Google Maps, video YouTube, dan URL lain yang tersemat dalam pesan, juga memungkinkan Anda beralih ke aplikasi yang relevan langsung dari pop-up notifikasi.

Dark mode
Dark mode dan mode gelap aplikasi yang akan mengurangi penggunaan baterai dan mengurangi beban mata karena terus melihat layar ponsel. Android 10 sekarang memiliki dark mode yang dapat diaktifkan.

Live Caption video
Salah satu fitur yang mengesankan dari Android 10 adalah Live Caption. Pasalnya, ketika melihat sebuah video secara otomatif akan muncul teks percakapan di dalam video. Teks muncul secara real-time.

Kelola privasi Anda dengan lebih mudah
Android 10 membuat pengaturan privasi pada ponsel anda sejalan dengan apa yang dapat Anda akses melalui laman akun Google anda di web. Jika Anda pergi ke Pengaturan lalu ketuk Privasi dan Tingkat Lanjut, Anda akan dapat mengakses opsi Kontrol aktivitas, seperti di web.
Ini memungkinkan anda memilih bagaimana Google melacak Anda, dan jika Anda menggali lebih dalam ke dalam opsi, Anda dapat mengaktifkan fitur auto-delete new-ish yang akan menghapus trek digital anda setelah 3 atau 18 bulan.

Baca Juga:  Uni Emirat Arab Resmikan Nama Jalan Presiden Joko Widodo di Abu Dhabi

Lebih Mudah Berbagi
Panel Share telah dirubah pada Android 10. Selain membuka lebih cepat berkat beberapa tweak rekayasa, itu juga diatur secara lebih cerdas untuk mempromosikan orang-orang dan aplikasi yang anda bagikan paling sering. Anda juga akan dapat melihat apa yang sebenarnya anda bagikan di bagian atas percakapan, jadi jika itu adalah gambar (misalnya), Android 10 akan menampilkan thumbnail kecil di samping berbagai opsi berbagi.

Ubah pengaturan penghemat baterai
Anda juga mendapatkan kontrol lebih besar atas pengaturan penghemat baterai. Sekarang Anda memiliki lebih banyak pilihan soal kapan mulai membatasi penggunaan daya perangkat dari aplikasi Anda.

Tags: , , ,