Kapolsek Tegal Selatan Dicopot Buntut Dangdutan Waket DPRD Tegal

Kapolsek Tegal Selatan Dicopot Buntut Dangdutan Waket DPRD Tegal

Akibat adanya acara dangdutan Wakil Ketua DPRD Tegal Wasmad Edi Susilo di Lapangan Tegal Selatan pada hari Rabu malam (23/9/2020) lalu. Polri resmi mencopot Kapolsek Tegal Selatan Kompol Joeharno. Selain itu, Divisi Propam Polri akan menindaklanjuti perkara tersebut.

Hal tersebut disampaikan oleh Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono. Ia menegaskan, saat ini Kapolsek Tegal Selatan, Joeharno sudah dinonaktifkan dari jabatannya untuk menjalani proses pemeriksaan internal.

Dalam keterangan resmi pada hari Sabtu (26/9/2020) lalu, Argo menuturkan, “Kapolsek sudah diserahterimakan dan Kapolseknya diperiksa oleh Propam”.

Pihaknya menjelaskan bahwa Polri juga tengah melakukan pendalaman berdasarkan LP bernomor LP/A/91 / IX/2020/Jateng /Res Tegal Kota tertanggal 25 September 2020 atas dugaan pelanggaran pasal 93 UU No 6/2018 Tentang Kekarantinaan Kesehatan dan pasal 216 KUHP karena menyelenggarakan acara dangdut yang menimbulkan kerumunan massa.

Baca Juga:  KPK Sita Uang Rp 12 Miliar Terkait Kasus Proyek Fiktif PT Waskita Karya

Seperti yang diketahui, Wasmad selaku Wakil Ketua DPRD menyelenggarakan konser dangdut yang menimbulkan kerumunan di tengah pandemi virus corona (Covid-19). Hal ini berpotensi menyebarkan klaster baru penularan Covid-19.

Acara yang terlaksana di Lapangan Tegal Selatan tersebut disinyalir menimbulkan percepatan penyebaran Covid-19 atau klaster baru penularan. Beberapa barang bukti juga turut diamankan.

Argo menuturkan, “Polisi telah melakukan pemeriksaan terhadap 10 orang saksi dan terlapor Wasmad Edi Susilo (Wakil Ketua DPRD Tegal)”.

Sebelumnya, video konser dangdut yang digelar Wasmad Edi Susilo ramai beredar di media sosial. Hal tersebut mendapat kecaman dari banyak pihak, karena dianggap berpotensi menjadi penyebaran virus corona.

Tags: , ,