Karanganyar Terima 10.000 Dosis Vaksin, Prioritaskan Untuk Lansia

Karanganyar Terima 10.000 Dosis Vaksin, Prioritaskan Untuk Lansia

Pada hari Kamis (4/3/2021) kemarin, Karanganyar kembali menerima vaksin sebanyak 10.000 dosis.

Setelah tenaga kesehatan dan pelayan publik, kini giliran kelompok lanjut usia (lansia) produktif yang akan mendapat divaksin.

Purwati selaku Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Karanganyar menyampaikan bahwa pihaknya sudah memerintahkan masing-masing puskesmas untuk mengambil vaksin di dinkes.

Purwanti menuturkan, “Sesuai dengan arahan dari pemerintah provinsi, 1.000 vial atau 10.000 dosis vaksin yang kami terima ini untuk kelompok lansia. Terutama yang di wilayahnya memiliki angka terkonfirmasi Covid-19 tinggi dan berisiko”.

Pemberian vaksin terhadap lansia tersebut akan lebih dulu melalui proses skrining.

Ia menyebut kategori lansia berisiko yang dimaksud adalah lansia yang memiliki penyakit penyerta dan masih memiliki mobilitas tinggi. Dia mencontohkan lansia yang masih bekerja di sawah, ladang, berdagang, dan lain-lain.

Baca Juga:  8 Pegawai Positif Covid-19, SMA Kebakkramat Lockdown

“Ya yang selain dia punya penyakit penyerta dan mobilitas tinggi juga. Iya iya iya (yang masih bekerja). Tapi dia masih bisa mendapatkan vaksin. Jadi semua akan melewati screening empat meja. Kalau screening menyatakan bisa (vaksin) ya berarti bisa (vaksin),” tutur dia.

Vaksinasi tersebut sedianya akan mulai disuntikkan pada hari Selasa (9/3/2021) mendatang.

Purwanti menambahkan, ‚ÄĚKami serahkan penyuntikan ke petugas puskesmas, apakah akan dilakukan di puskesmas atau bisa membuka pelayanan di kantor kepala desa. Kalau jemput bola saya rasa tidak,” tuturnya.

Sementara itu, Sundoro -Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinkes Kabupaten Karanganyar- menambahkan, jumlah lansia di Kabupaten Karanganyar sebanyak 137.117 orang.

Pemberian vaksin terhadap lansia akan dilakukan secara bertahap.

Tags: , ,