Kartu Prakerja Gelombang 17 dan Jumlah Kuota

Kartu Prakerja Gelombang 17 dan Jumlah Kuota

Manajemen Pelaksana Program (PMO) Kartu Prakerja akan segera mengumumkan terkait pendaftaran gelombang 17. Diperkirakan kuotanya mencapai 47.809 orang.

Tetapi, pengumuman tersebut akan dilakukan seusai dilakukannya rekonsiliasi data jumlah peserta yang dicabut kepesertaannya dari gelombang 12 hingga gelombang 16.

Louisa Tahuta selaku Head of Communication PMO Kartu Prakerja menyampaikan Prakerja gelombang 17 bukan tambahan kuota peserta tetapi karena adanya status peserta yang dicabut karena tidak membelanjakan paket pelatihan pertama 30 hari setelah dinyatakan lolos sebagai peserta.

Ia menjelaskan, jumlah peserta dari gelombang 12 hingga gelombang 15 yang tidak membeli pelatihan pertama dan telah dicabut kepesertaannya mencapai 35.809 orang. Sementara itu, untuk gelombang 16 hingga saat ini masih ada 12.000 orang yang belum membeli pelatihan pertama.

“Gelombang 17 akan dibuka untuk memulihkan kepesertaan yang dicabut, jadi bukan penambahan kuota. Jadwalnya setelah kami selesai melakukan rekonsiliasi data. Segera kami kabari,” ujarnya.

Ia juga meminta agar para peserta gelombang 16 yang belum membeli pelatihan pertama segera melakukan transaksi.

Pasalnya, batas waktu pembelian pelatihan Prakerja pertama bagi peserta gelombang 11 jatuh pada hari Kamis, (29/4/2021) pukul 23.59 WIB.

Aturan mengenai batas waktu pembelian pelatihan pertama program Kartu Prakerja tertuang dalam Permenko Nomor 11 Tahun 2020.

Di dalam aturan tersebut dijelaskan, penerima Kartu Prakerja memiliki waktu 30 hari untuk membeli pelatihan pertama sejak dinyatakan lolos seleksi Kartu Prakerja.

Untuk informasi, status kepesertaan yang dicabut tidak dapat mengikuti kembali Program Kartu Prakerja.

Nama peserta akan di-blacklist sesuai dengan Permenko Nomor 11 Tahun 2020 Pasal 20 ayat 3. Selain itu, bantuan pelatihan telah diberikan juga akan dikembalikan ke rekening dana Kartu Prakerja.

Louisa menambahkan, “Kami sangat berharap peserta gelombang 16 dapat segera membeli pelatihan pertamanya sebelum batas akhir. Begitu banyak orang yang ingin bergabung dengan Program Kartu Prakerja, jangan sia-siakan kesempatan yang sudah ada di dashboard”.

Tags: , ,