Kasus Baru Virus Corona di Solo, 22 Warga Mojo Positif Covid-19

Kasus Baru Virus Corona di Solo, 22 Warga Mojo Positif Covid-19

Kasus baru Covid-19 kembali merebak di Kota Solo, sebanyak 22 warga yang tinggal di hunian sementara (huntara) Kelurahan Mojo, Kecamatan Pasar Kliwon, Solo terkonfirmasi positif Covid-19.

Margono selaku Lurah Mojo menjelaskan bahwa kasus tersebut merupakan hasil tracing dari 2 orang yang meninggal karena positif Covid-19.

Pada hari Jumat (12/3/2021) kemarin, Margono mengatakan, “Kita dari wilayah, Pak RT sama Pak RW itu mohon ke Puskesmas Sangkrah untuk di-tracing“.

Ia menambahkan, ada 55 warga yang tinggal di hunian sementara kelurahan tersebut masuk tracing kontak dua warga meninggal dunia positif Covid-19.

Dari 55 orang yang menjalani tes swab, 22 orang diantaranya positif Covid-19. Kebanyakan tidak bergejala dan menjalani isolasi di Asrama Haji Donohudan, Boyolali.

Hanya beberapa yang menjalani isolasi mandiri di rumah lantaran masih anak-anak.

“Karena usia masih dibawah 15 tahun dirawat dirumah bersama ibunya,” katanya.

Pihaknya mengaku belum mengetahui klaster yang menyebabkan warganya banyak yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Margono menyebut aktivitas dua orang tersebut memang banyak dan sering di luar ruangan.

Di sisi lain, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Solo Ahyani mengatakan dari 22 warga positif Covid-19 di hunian sementara Kelurahan Mojo sebagian melaksanakan karantina di Asrama Haji Donohudan.

Banyaknya warga yang terkonfirmasi positif karena kawasan itu dikenal padat. Selain itu juga warga tidak patuh protokol kesehatan.

“Di situ memang padat. Warga juga tidak disiplin (protokol kesehatan),” ungkap dia.

Ahyani juga menilai banyaknya warga hunian sementara Kelurahan Mojo yang terkonfirmasi positif karena deteksi dini Covid-19 di kawasan itu terlambat.

“Kalau sejak awal diketahui satu dua yang sumbernya langsung di-tracing bisa ditangani. Ini mungkin sudah menyebar ke kelompok,” terang dia.

Tags: , ,