Kebijakan Baru, Penonton Video di Facebook Bakal Sering Lihat Iklan

Kebijakan Baru, Penonton Video di Facebook Bakal Sering Lihat Iklan

Facebook kini memperluas opsi monetisasi untuk pembuat konten berbentuk video. Dengan kebijakan ini, pengguna Facebook akan makin sering melihat iklan.

Kebijakan itu memperbolehkan penyisipan iklan dalam video berdurasi pendek buatan content creator. Bahkan, iklan kini dapat tayang pada video dengan durasi satu menit. Iklan ini akan muncul setelah video mencapai durasi 30 detik.

Yoav Arnstein selaku Direktur Facebook App Monetization menyebut bahwa mulai sekarang kreator bisa menyisipkan iklan di dalam video dengan durasi minimal satu menit.

Durasi video yang bisa diselipi iklan ini lebih pendek dari ketentuan sebelumnya, yaitu tiga menit.

Nantinya, iklan akan muncul setelah video berjalan selama 30 detik.

Dalam blog resmi Facebook, Arnstein menuliskan, “Ke depan, kami sedang mengeksplorasi format iklan sisipan (in-stream ads) yang bisa meningkatkan engagement, melalui interaksi produk dan hadiah”.

Dirangkum dari The Verge, monetisasi baru ini masih dalam tahap uji coba ke kelompok kecil kreator.

Facebook berharap bisa segera memperluas kemampuan iklan dalam video pendek ini segera.

Arnstein juga menjelaskan bahwa monetisasi iklan di video pendek dilakukan untuk membantu meningkatkan pembayaran para kreator konten sekaligus membukan jalan bagi para pengiklan untuk mencapai target ikan yang relevan.

Facebook saat ini sedang fokus untuk memonetisasi video pendek dan akan menguji coba menyisipkan iklan yang berwujud seperti stiker di Facebook Stories.

Pendapatan dari iklan ini akan dibagi untuk Facebook dan kreator konten. Namun belum diketahui pasti berapa persentase yang akan dimiliki masing-masing pihak.

Facebook juga akan memperbarui kriteria fitur Halaman milik kreator yang bisa memanfaatkan monetisasi ini.

The Verge mencatat, kebijakan monetisasi ini masih dalam tahap uji coba bagi sekelompok kecil pembuat video. Facebook ingin kebijakan iklan ini dapat segera berjalan bagi konten kreator umum.

Melansir dari Tech Crunch, pada Jumat (12/3/2021) kemarin, halaman kreator harus memiliki total waktu tonton sepanjang 600.000 menit untuk semua video yang sudah tayang selama 60 hari, dan lima atau lebih video aktif atau siaran langsung (Live).

Facebook saat ini juga terus mengembangkan fitur acara online berbayar untuk Facebook Events dan program langganan. Fitur acara online berbayar akan segera berlaku di 44 negara.

Sementara, program langganan akan segera berlaku di 35 negara dunia.

Tags: , ,