Kejari Sukoharjo Siapkan Eksekusi Mati Yulianto Si Jagal Kartasura

Kejari Sukoharjo Siapkan Eksekusi Mati Yulianto Si Jagal Kartasura

Seperti yang telah diberitakan sebelumnya, Mahkamah Agung (MA) telah menolak peninjauan kembali Yulianto, yakni jagal Kartasura yang divonis mati di Pengadilan Negeri Sukoharjo 2011 lalu.

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari website resmi MA pada hari Senin (9/11/2020), Ketua Majelis Hakim MA Sri Murwahyuni, dengan anggota H. Eddy Army dan Gazalba Saleh, menolak permohonan peninjauan kembali yang diajukan Yulianto.

Seperti yang diketahui, Yulianto adalah terpidana mati kasus pembunuhan berencana terhadap tujuh orang, termasuk salah satunya anggota TNI.

Kini Kejaksaan Negeri (Kejari) Sukoharjo segera mempersiapkan eksekusi mati untuk Yulianto tersebut.

Tatang Agus Volleyantono selaku Kepala Kejari Sukoharjo menyampaikan bahwa akan berkoordinasi terlebih dahulu dengan Kejaksaan Agung.

Tetapi menurutnya, persiapan hukuman mati membutuhkan waktu yang tidak singkat.

Pada hari Kamis (15/4/2021), Tatang menuturkan, “Kami intinya sebagai jaksa penuntut umum termasuk tugas kami mengeksekusi. Setelah kami siap, lapor Kejagung. Dan persiapannya tidak sesederhana yang kita bayangkan”.

Tatang juga tidak dapat memastikan kapan eksekusi mati tersebut akan dilaksanakan.

Mengenai lokasi eksekusi mati, Tatang juga belum memastikan apakah dilakukan di Lapas Nusakambangan, tempat Yulianto dipenjara saat ini.

Ia menjelaskan, “Belum bisa mengatakan kapan dilaksanakan, tapi mengarah ke situ dan pastinya akan kita siapkan. Sekarang yang bersangkutan di Lapas Nusakambangan. Nanti apakah mesti di sana atau di tempat lain belum tahu”.

Di masa persiapan, tidak menutup kemungkinan jika pihak terpidana mengajukan grasi atau pengampunan dari presiden.

“Kadang masih ada yang mengajukan lagi (grasi). Kalau menginginkan ya kita akomodir,” tambahnya.

Tags: , ,