Kematian dari Infeksi Corona Lebih Rendah daripada Akibat Kelaparan

Kematian dari Infeksi Corona Lebih Rendah daripada Akibat Kelaparan

Lembaga Oxfam memberikan peringatan, bahwa kematian akibat kelaparan saat pandemi virus corona akan mencapai angka 12 ribu per hari di akhir tahun ini.

Oxfam, adalah sebuah lembaga nirlaba yang berfokus menyoroti mengenai kemiskinan di dunia. Oxfam menyebutkan bahwa potensi kematian akibat kelaparan bisa merenggut lebih banyak nyawa dari infeksi virus Covid-19.

Sebagai perbandingannya, pada tanggal 17 April lalu, Johns Hopkins University mencatat angka tertinggi kematian akibat Covid-19 harian. Pada tanggal tersebut, jumlah korban wabah virus corona mencapai angka 8.890 orang.

Mengutip dari CNN, hari Minggu (12/7/2020) kemarin, Chema Vera -Direktur Eksekutif Sementara Oxfam- mengatakan, “Pandemi ini adalah tantangan terakhir bagi jutaan orang yang telah berjuang atas dampak konflik, perubahan iklim, ketidaksetaraan, dan sistem pangan yang rusak yang telah memiskinkan jutaan produsen dan pekerja pangan”.

Baca Juga:  3 Kecamatan di Karanganyar Jadi Fokus Razia Masker, Mana Saja?

Dikutip oleh Oxfam, data program pangan dunia memperkirakan pada 2019 sekitar 821 juta orang tak memiliki cadangan pangan memadai dan 149 juta di antaranya mengalami “kelaparan tingkat krisis atau lebih buruk”.

Proyeksi saat ini menyebutkan pada 2020 jumlah kelaparan tingkat krisis mencapai 270 juta, sebagai akibat dari pandemi virus Covid-19, meningkat 80 persen dari tahun sebelumnya.

Adapun 10 titik yang disebutkan oleh Oxfam, antara lain kelaparan terparah di dunia yaitu Yaman, Kongo, Afghanistan, Venezuela, Afrika Barat, Ethiopia, Sudan, Sudan Selatan, Suriah, dan Haiti.

Disamping itu, efek negatif pandemi juga dirasakan di beberapa negara berpenghasilan menengah seperti Brasil, India, dan Afrika Selatan.

Baca Juga:  Kasus Covid di Boyolali Tembus 1.020 Orang

Pemberlakuan penguncian wilayah (lockdown) juga disebut berdampak bukan hanya pada pekerja dan petani, tetapi juga pada pengiriman bantuan kemanusiaan.

Faktor lain yang memperburuk soal masalah kelaparan ini adalah, konflik yang terjadi di beberapa negara, meningkatnya ketidaksetaraan, juga soal perubahan iklim.

Tags: , ,