Kendala Gunung Merapi, FIFA Coret Jogja dari Venue Piala Dunia U-20 2021

Kendala Gunung Merapi, FIFA Coret Jogja dari Venue Piala Dunia U-20 2021

Awalnya, Stadion Mandala Krida merupakan satu dari 11 venue yang akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021 di Indonesia. Namun namanya dicoret oleh FIFA lantaran ada Gunung Merapi yang masih aktif.

Pada Jumat (3/7/2020) Mochamad Irawan -Ketua Umum PSSI- pada konfrensi pers mengatakan, “Kalau Mandala Krida, FIFA berulang kali menanyakan Gunung Merapi. Itu yang mereka khawatirkan.”

“Kita juga tidak tahu kapan gunung itu bakal mengeluarkan laharnya,” tambah Irawan.

Ketua umum PSSI menjelaskan, secara fasilitas sebenarnya stadion tidak punya masalah. Itu berdasarkan kunjungannya saat melakukan inspeksi langsung bersama rombongan PSSI lainnya.

“Kalau kelengkapan cukup bagus ya, dimana di kota stadionnya, stadion pendukungnya cukup banyak juga, kami sudah lihat,” tambah Irawan.

Baca Juga:  APBD Triliunan Tersimpan di Bank, Mendagri Singgung Kepentingan Pengusaha

Sementara, sempat dikabarkan Permerintah DIY menghentikan dana untuk stadion Mandala Krida. Dengan alasan karena lebih terfokus pada penanganan virus corona saat ini.

Sekarang ini masih ada 6 stadion yang terpilih menjadi venue oleh PSSI, diantaranya Stadion Utama Gelora Bung Karno, Stadion Manahan, Stadion Bung tomo, Stadion Kapten I Wayan Dipta, Stadion Si Jalak Harupat, Stadion Jakabaring. Meski keputusan final berada di tangan FIFA.

Sementara itu, pemerintah sudah meminta kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia (PUPR) segera memulai renovasi enam stadion terpilih. Pemerintah siap menyesuaikan andai ada perbedaan keputusan dari FIFA soal venue Piala Dunia.

Tags: , ,