Kendaraan Bertonase Besar Akan Dilarang Melintas di Underpass Makamhaji

Kendaraan Bertonase Besar Akan Dilarang Melintas di Underpass Makamhaji

Setelah perbaikan Underpass Makamhaji selesai, untuk menghindari agar jalan tersebut tidak kembali rusak, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukoharjo akan melarang kendaraan bertonase besar yang melintas di jalur tersebut.

Pada hari Jumat (19/3/2021) kemarin, Etik Suryani selaku Bupati Sukoharjo mengatakan, “Hal itu dilakukan untuk menjaga kondisi jalan, sehingga harap dimaklumi”.

Terkait hal itu, pihaknya juga akan menyiapkan jalur alternatif untuk kendaraan bertonase besar.

Ia menyampaikan, “Kendaraan dengan muatan berat dari arah selatan akan diarahkan ke Jalan Dlopo, hingga keluar di Jalan Solo-Yogyakarta”.

Sementara dari arah utara, kendaraan akan disekat di Kartasura, untuk tetap melewati Jalan Ahmad Yani.

Sementara itu, Toni Sri Buntoro selaku Plt Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Sukoharjo menambahkan bahwa rencana ini akan dikoordinasikan terlebih dahulu.

Toni mengatakan, “Kami koordinasikan juga dengan Kabupaten Klaten, dan Kota Solo, untuk jalan alternatifnya”.

Selain alasan untuk menjaga kondisi jalan di Underpass Makamhaji tetap awet, pembatasan tersebut dilakukan untuk menjaga kelancaran arus lalu lintas.

Pasalnya, seringkali truk yang melintas di Underpass Makamhaji ini sebagai penyebab kemacetan.

Diberitakan sebelumnya, Underpass Makamhaji yang menghubungkan Sukoharjo dengan Solo sempat ditutup sementara untuk perbaikan saluran air.

Plt Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Sukoharjo, Toni Sribuntoro mengatakan, penutupan dilakukan setelah mendapat rekomendasi dari pihak kepolisian, dalam hal ini Satlantas Polres Sukoharjo.

Tags: , ,