Kepala BPPD Pemkab Labuhanbatu Utara Ditahan KPK

Kepala BPPD Pemkab Labuhanbatu Utara Ditahan KPK

Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) hari ini menahan seorang tersangka bernama Agusman Sinaga (AMS). Yang bersangkutan sebelumnya diketahui merupakan Kepala Badan Pengelola Pendapatan Daerah (BPPD) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Labuhanbatu Utara, Sumatera Utara (Sumut).

Pantauan wartawan, tersangka Agusman tampak terlihat keluar dari ruangan pemeriksaan penyidik KPK. Agusman mengenakan rompi tahanan warna oranye dengan tangan terborgol pada sekitar pukul 17:10 WIB. Saat ini sedang berlangsung konferensi pers yang digelar KPK terkait penahanan tersangka Agusman.

“Penyidik KPK telah menetapkan AMS (Agusman Sinaga/Kepala BPPD Pemkab Labuhanbatu Utara) sebagai tersangka sekaligus penahanan terhadap yang bersangkutan,” kata Deputi Penindakam KPK Karyoto saat konferensi pers di Gedung KPK Merah Putih, Jalan Kuningan Persada, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (12/11/2020).

Baca Juga:  Jelang Pilkada 2020, Polda Jateng Fokus Pada 2 Kabupaten Soloraya

Menurut Karyoto, penahanan tersangka Agusman itu merupakan bagian dari pengembangan penyidikan kasus perkara dugaan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) pengurusan Dana Alokasi Khusus (DAK) APBN-P 2017 dan APBN 2018 Pemkab Labuhanbatu Utara.

Kasus ini berawal saat Kharuddin Syah Sitorus yang saat itu masih menjabat sebagai Bupati menugaskan Agusman Sinaga Kepala BPPD Pemkab Labuhanbatu Utara untuk menemui Yaya Purnomo dan Rifa Surya di Jakarta.

Pertemuan itu diduga untuk membahas potensi anggaran pada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Labuhanbatu Utara dan meminta bantuan Yaya Purnomo untuk pengurusannya.

“Tersangka AMS (Agusman Sinaga) ditahan di Rumah Tahanan (Rutan) KPK Kavling K-4 Gedung KPK Merah Putih selama 20 hari pertama,” pungkas Karyoto.

Tags: , ,