Keraton Bantah Kurung Adik dan Putri Raja

Keraton Bantah Kurung Adik dan Putri Raja

Seperti yang telah diberitakan sebelumnya, sejak hari Kamis (11/2/2021) siang kemarin, sejumlah kerabat Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat diduga dikurung orang tak dikenal di kawasan Keraton Kulon.

Kerabat Keraton Solo tersebut di antaranya yakni GKR Wandansari alias Gusti Moeng dan GKR Timoer Rumbai serta dua penari dan seorang pembantu. Mereka dibiarkan tanpa makanan, akses air dan listrik.

Terkait hal tersebut, KRA Dhani Nuradiningrat selaku Wakil Pengageng Sasana Wilopo, Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat membantah bila pihaknya sengaja mengunci adik dan putri Pakubuwono XIII, GKR Wandansari Koes Moertiyah dan Gusti Timoer Rumbai serta tiga abdi dalem.

Meski Dhani belum mengetahui pasti kebenarannya, tetapi ia menjamin bahwa tidak akan ada orang yang terkurung atau terkunci di dalam keraton.

Baca Juga:  Perangkat Desa Sragen Tewas Kena Jebakan Tikus

Pada hari Jumat (12/2/2021) kemarin, Dhani mengatakan, “Apa betul Gusti Moeng terkunci di dalam keraton saya enggak tahu. Kebetulan saat ini saya lagi ada di luar kota. Tapi biar saya ada diluar kota, tidak mungkin orang terkunci di dalam keraton”.

Dhani justru menduga bahwa jika dua kerabat keraton berserta abdi dalem tersebut tengah mengurung diri di dalam atau tengah menjalani ritual nyepi di dalam keraton.

Ia menyampaikan, “Mungkin bukan terkurung tapi mengurung diri di dalam keraton. Itu bisa saja loh, tapi dia bilang terkurung. Soalnya mana mungkin dikurung di keraton. Karena keraton itu terbuka untuk siapa saja, asalkan ada izin dari Sinuhun”.

Baca Juga:  Penyebab Tewasnya Remaja Klaten Usai Latian Silat Terungkap

Pihaknya juga mempersilahkan Gusti Moeng dan putri Raja berserta para abdi dalem untuk keluar dari dalam keraton bila memang benar mereka terkurung.

Bahkan ia juga siap membantu bila mereka mengaku kesulitan keluar dari dalam Kraton.

“Kalau mau ke luar silahkan. Mereka masuk sendiri tanpa izin Sinuhun. Silahkan hubungi saya atau kontak saya, nanti saya mintakan izin Sinuhun mempersilahkan keluar,” tegasnya.

Tags: , ,