Keraton Solo Menggelar Kirab Gunungan Sekaten Solo, Sabtu 8 Oktober 2022

Keraton Solo Menggelar Kirab Gunungan Sekaten Solo

Dalam rangkaian acara Sekaten Solo 2022 ini, pada hari Sabtu, 8 Oktober 2022, Keraton Solo menggelar acara Grebeg Maulud dan Kirab Gunungan Sekaten Solo.

Sebelum Grebeg Maulud, ada sebuah tradisi menabuh gamelan Sekaten selama tujuh hari penuh yang akan dimulai pada hari Sabtu, 1 Oktober 2022. Gamelan akan dikirab dengan cara memboyong dua gamelan dari Keraton Solo menuju Masjid Agung Solo.

Di Masjid Agung Solo inilah (Bangsal Pradangga) gamelan Kiai Guntur Madu dan Kiai Guntur Sari ditabuh.

Sebagai informasi perayaan Sekaten merupakan tradisi memperingati kelahiran Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam di tanah Jawa. Menurut Puger (2002), awal mula dan maksud perayaan Sekaten dapat ditarik sejak mulainya kerajaan-kerajaan Islam di tanah Jawa, yaitu zaman Kesultanan Demak.

Baca Juga:  Upacara Pembukaan Pospenas IX 2022 Solo di Stadion Manahan Berlangsung Meriah

Puncak perayaan Sekaten adalah Grebeg Maulud yang diadakan setiap tanggal 12 Rabiul Awal dalam kalender Islam. Untuk tahun ini, jatuh pada hari Sabtu, 8 Oktober 2022.

Nantinya, dalam Grebeg Maulud Sekaten Solo, terdapat dua buah gunungan, yaitu gunungan jaler (laki-laki) dan estri (perempuan). Adapun dua buah gunungan tersebut menyimbolkan sebuah keseimbangan yang melambangkan harmonisasi dalam kehidupan manusia dan sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Tags: , ,