Ketua NU Solo: Listyo Sigit Prabowo Bisa Minimalisir Konflik

Ketua NU Solo: Listyo Sigit Prabowo Bisa Minimalisir Konflik

HM Mashuri selaku Ketua Nahdlatul Ulama (NU) Kota Solo memberikan dukungan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait pengajuan Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo sebagai calon tunggal Kapolri.

Seperti yang diketahui, Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo diusulkan oleh Jokowi sebagai calon pengganti Jenderal Idham Azis yang akan memasuki masa pensiun.

Pada hari Sabtu (16/1/2021) lalu, Mashuri mengatakan, “Kami husnudzon dan menyambut baik. Saya kira sudah tepat ketika memandang dari segi profesionalitas, kapasitas, dan integritas, namun tidak meninggalkan prestasi selama ini”.

Ia juga menjelaskan bahwa kinerja Listyo Sigit Prabowo sudah terlihat sejak masih bertugas di wilayah Jawa Tengah, mulai dari Kapolres Pati, Kapolres Sukoharjo, Wakalpotsbes Kota Semarang, dan Kapolresta Solo.

Baca Juga:  Ekspedisi Gunung Chimborazo Malimpa UMS

Mashuri juga menambahkan bahwa sosok Listyo Sigit dinilainya dekat dan bisa merangkul karangan para ulama, terutama ulama dari NU.

“Sikap humble dan low profile yang ditunjukkan selama ini saya kira bisa mengayomi masyarakat. Sehingga akan mudah meminimalisir konflik”, ungkapnya.

Pihaknya berharap besar akan banyaknya perubahan positif setelah Listyo Sigit resmi jadi Kapolri.

Termasuk pembenahan di internal kepolisian, sehingga institusi kepolisian akan semakin baik.

Ia menuturkan, “Dalam penegakan hukum harus transparan akuntabel. Organisasi kepolisian bisa ditata agar semakin baik dan tidak ada faksi-faksi di organisasi itu tentunya harus satu jalur komando”.

“Kedua, profesionalitas seperti slogan modern dan terpercaya ini harus betul-betul ditingkatkan. Jadi keluhan dari masyarakat harus disikapi secara profesionalitas,” imbuhnya.

Tags: , ,