Klaster Keluarga Merambah Ke Tetangga, Kasus Covid-19 Solo Tambah 13

Klaster Keluarga Merambah Ke Tetangga, Kasus Covid-19 Solo Tambah 13

Mengingat klaster keluarga sebagian sudah merambah ke tetangga, Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Solo menegaskan kepada masyarakat agar terus meningkatkan kewaspadaan.

Terutama pemakaian masker dan jaga jarak harus benar-benar diterapkan secara ketat.

Satgas mencatat selama dua pekan terakhir penambahan jumlah kasus Covid-19 tergolong stabil tinggi.

Mayoritas tambahan tersebut yakni dari klaster keluarga pasien suspek yang naik kelas jadi kasus konfirmasi Covid-19.

Ahyani selaku Ketua Pelaksana Satgas Penanganan Covid-19 Solo, menjelaskan bahwa setidaknya satu kasus memiliki 2-3 ekor. Dengan begitu, satu klaster keluarga Solo dapat menyumbang 4-6 kasus baru positif Covid-19.

Pada hari Kamis (1/10/2020) kemarin, terdapat penambahan kasus baru sebanyak 13 kasus.

Baca Juga:  11 Nakes Di Klaten Positif Covid-19 Dalam 4 Hari Berturut-Turut

Dari penambahan tersebut, sembilan kasus merupakan hasil tracing kontak empat kasus induk dan empat kasus dari warga yang menjalani uji swab secara mandiri.

Ahyani menuturkan, “Klaster keluarga Kelurahan Gilingan tambah dua orang, Karangasem tambah tiga orang, tapi yang satu domisilinya Gilingan. Kemudian tambahan masing-masing dua orang dari Panularan dan Joglo. Nah, klaster keluarga Joglo totalnya lima orang”.

Pihaknya menegaskan masyarakat untuk selalu meningkatkan kewaspadaan menyikapi terus bertambahnya jumlah kasus positif Covid-19 dari klaster keluarga.

Ditambah sebagian dari klaster keluarga tersebut sudah merambah ke tetangga. Maka dari itu warga sebaiknya tetap memakai masker saat berinteraksi dengan tetangga sekitar.

Ahyani menambahkan, “Kami akan membahas apakah akan ada pengetatan. Rencananya kan razia masker menyasar sampai permukiman juga. Tapi, saya imbau masyarakat tidak perlu lah sampai terkena razia. Cukup kesadaran masing-masing menerapkan protokol kesehatan”.

Baca Juga:  Long Weekend, Pengunjung Candi Prambanan Tetap Dibatasi

Untuk domisili, tambahan 13 kasus baru positif Covid-19 Solo yang termasuk dari klaster keluarga pada Kamis itu penjabarannya masing-masing seorang dari Sumber dan Serengan.

Selanjutanya, masing-masing dua orang dari Panularan, Karangasem, Gandekan, dan Joglo. Kemudian tiga orang dari Gilingan.

Sementara itu, angka kumulatif kasus Covid-19 Kota Solo mencapai 696 orang. Rincinya yakni 36 orang rawat inap, 104 orang isolasi mandiri, 527 orang sembuh, dan 29 orang meninggal dunia.

Tags: , ,