Klaster Pasar Sidoharjo Wonogiri Meluas, Jumlah Kasus Positif Covid-19 Bertambah

Klaster Pasar Sidoharjo Wonogiri Meluas, Jumlah Kasus Positif Covid-19 Bertambah

Hingga pada hari Rabu (11/11/2020) kemarin, kasus Covid-19 dari klaster Pasar Sidoharjo tercatat ada 16 orang yang dinyatakan positif Covid-19.

Hal tersebut membuat jumlah kasus dari klaster Pasar Sidoharjo, Wonogiri semakin meluas.

Jumlah kasus positif Covid-19 tersebut terdiri dari sembilan orang pedagang dan tujuh anggota keluarga pedagang.

Dari informasi berbagai sumber, terdapat data bahwa hari Sabtu (7/11/2020) lalu, tercatat 10 orang yang dinyatakan positif Covid-19 dari klaster Pasar Sidoharjo.

Rincinya adalah tujuh pedagang dan tiga anggota keluarga pedagang.

Ini artinya bahwa dari hari Sabtu hingga hari Rabu, terdapat enam tambahan kasus positif Covid-19. Dengan penjabaran yakni dua pedagang dan empat anggota keluarga pedagang.

Pada hari Kamis (12/11/2020) ini, Edy Santosa selaku Plt Bupati Wonogiri menyampaikan bahwa adanya perluasan kasus klaster Pasar Sidoharjo tersebut.

Baca Juga:  Satgas Covid-19 Solo Ancam Tutup Mall Bila Tak Taat Prokes

Edy juga menjelaskan bahwa tujuh anggota keluarga pedagang yang saat ini dinyatakan positif Covid-19 terdiri dari lima klaster keluarga.

Penambahan tersebut diketahui setelah Satuan Tugas Covid-19 Wonogiri melakukan upaya tracing.

Edy menuturkan, “Keluarga yang ikut terpapar Covid-19 diantaranya cucu, suami, istri dan anak dari pedagang yang dinyatakan Covid-19. Mereka kan satu keluarga, tentunya anggota keluarga melakukan kontak erat dengan pedagang yang positif Covid-19”.

Dengan munculnya peningkatan di klaster tersebut, pihaknya selalu mengimbau kepada masyarakat untuk selalu menerapkan protokol kesehatan secara ketat, terutama saat melakukan aktivitas di luar rumah.

Edy menegaskan, “Jangan bosan menerapkan protokol kesehatan, tetap waspada. Ini demi keselamatan dan kesehatan semua”.

Baca Juga:  Sebulan Tambah 1.000 Kasus Covid-19, Wali Kota Solo Minta Warganya Tak Mudik

Diberitakan sebelumnya, per hari Senin (9/11/2020) kemarin, pasar Sidoharjo ditutup. Hal tersebut dilakukan lantaran ditemukannya klaster penyebaran Covid-19 dari pedagang pasar, yang kemudian merembet menjadi klaster keluarga pedagang.

Tidak hanya bangunan pasar utama saja yang akan ditutup. Namun Pasar kayu, pasar hewan, dan terminal di sekitar pasar utama juga akan ditutup untuk sementara waktu.

Saat ditutup, petugas juga bakal mensterilkan pasar, termasuk menyemprot disinfektan di seluruh penjuru pasar.

Untuk informasi, awal mula ditemukan kasus terkonfirmasi positif di Pasar Sidoharjo yakni saat digelar polling tes pada Oktober lalu.

Incoming search terms:

  • Berita korona sidoharjo wonogiri
Tags: , ,