Kominfo Meminta Maaf Setelah Memblokir Beberapa Platform Online

Kominfo Minta Maaf Usai Melakukan Pemblokir

(Kementrian Komunikasi dan Informatika) Kominfo meminta maaf kepada gamers Indonesia setelah memblokir beberapa platform game online dan yang lainnya. Alasan pemblokiran kepada mereka karena tidak melakukan pendaftaran PSE (Penyedia Sistem Elektronik).

Sebelumnya, Kominfo memblokir beberapa platform seperti Yahoo, PayPal, Steam, Dota, CS, Origin, dan Epic Games. Oleh karena itu, kebijakan pemblokiran tersebut membuat reaksi pada beberapa media sosial dengan ramainya tagar #BlokirKominfo.

Kenapa Kominfo Melakukan Pemblokiran?

Mengutip dari kominfo.go.id, pemblokiran tersebut dilakukan karena beberapa aplikasi tersebut tidak mendaftarkan diri ke Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) lingkup privat.

Oleh karena itu, Dirjen Aptika Kementerian Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan, dalam konferensi pers Minggu (31/7/2022) pagi, mengutarakan permintaan maaf tersebut. Ia menyebut saat ini Steam, Dota, dan CS-GO tengah menyiapkan proses registrasi.

Baca Juga:  Pembangunan Masjid Raya Sheikh Zayed Solo Hampir Selesai, Kapan Peresmiannya?

“Mohon maaf teman-teman pemain game, saya juga pemain game. Mohon maaf sementara waktu memang masih ada kendala dan mereka sedang melengkapi dan berkomitmen segera mendaftar,” kata Semuel.

Permenkominfo 5/2020 menjadi dasar hukum kewajiban perusahaan yang beroperasi secara digital di Indonesia, baik lokal maupun asing, untuk mendaftar PSE Lingkup Privat ke Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Sehingga, PSE Lingkup Privat yang tidak terdaftar sesuai batas waktu akan terkena sanksi pemblokiran oleh Kominfo.

Tags: ,