Komisi V DPR RI Kunjungi Kawasan Ngarsopuro

Komisi V DPR Kunjungi Kawasan Ngarsopuro

Pada hari Sabtu (10/4/2021), belasan anggota Komisi V DPR RI melakukan kunjungan ke Solo untuk meninjau sejumlah lokasi.

Salah satu lokasi yang dikunjungi adalah kawasan Ngarsopuro yang merupakan calon Malioboro Solo.

Selain Ngarsopuro, rombongan DPR RI tersebut juga mengunjungi Taman Balekambang, Bendung Tirtonadi, dan sempat juga melintasi flyover Purwosari.

Pada kesempatan tersebut, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengatakan, pihaknya ingin secepatnya mengakselerasi pemulihan ekonomi di Kota Solo. Karena kota-kota lain sudah mulai mempersiapkannya, jangan sampai kota ini tertinggal.

“Saya ada beberapa ide seperti Taman Budaya Balekambang bisa menjadi pusat kebudayaan Jawa. Harapannya Solo jadi sebuah kota yang dijadikan benchmark kebudayaan Jawa. Mohon saya juga bisa dibantu untuk mengambil alih tanah provinsi agar Balekambang bisa terintegrasi dengan Stadion Manahan Solo sebagai kawasan olahraga,” harap Gibran.

Selain itu, pengembangan Plaza Ngarsopuro ini juga sangat penting, selain untuk dijadikan tempat untuk pengembangan ekonomi, tetapi juga bisa menjadi ikon Kota Solo ke depannya.

“Empat lokasi dari rencana pembangunan infrastruktur yang tadi bapak dan ibu tinjau ini menjadi penting sekali untuk pemulihan ekonomi di Kota Solo. Saya lihat kota lain sudah mempercantik diri pada sejumlah titik lokasi pariwisatanya, Solo tidak boleh tertinggal. Saya yakin dengan dukungan bapak dan ibu semua, proses akselerasi di Kota Solo bisa lebih baik lagi,” pinta Gibran kepada Komisi V DPR RI

Sementara itu, Ahyani selaku Sekretaris Daerah (Sekda) menyampaikan bahwa kunjungan tersebut untuk menyinkronkan usulan penataan dari Kementerian PUPR dengan aspek politis.

Ahyani mengatakan, “Tujuannya ingin mencocokkan aspirasi dengan aspek politis. Aspirasinya dari daerah, kemudian teknis dari Kementerian PUPR. DPR mengklarifikasi semua. Apakah sesuai dengan aspirasi rakyat atau tidak, dan sebagainya”.

Ia menambahkan bahwa kunjungan ke Ngarsopuro untuk menilik lokasi yang rencananya dijadikan sebagai calon proyek strategis Malioboro Solo.

Penataan jalur pedestrian menjadi sasaran pertama wacana tersebut.

Sementara itu, untuk Taman Balekambang direncanakan menjadi Pusat Kebudayaan Jawa yang diperluas menjadi satu dengan Kolam Renang Tirtomoyo.

“Sedangkan untuk Bendung Tirtonadi, cita-cita kami menjadikannya sebagai destinasi wisata air. Sehingga tak hanya menjadi sarana pengendalian banjir. Perbincangannya menilai sisi kelayakan, kebutuhan, yang dikomunikasikan dengan Kementerian PUPR, sehingga apakah proyek ini layak dilanjutkan atau tidak,” jelasnya.

Kunjungan ke flyover Purwosari sekadar menyaksikan apakah bangunan yang sudah dimanfaatkan itu sesuai spesifikasi awal.

Ahyani menyebut bahwa usulan penataan tersebut tak bisa ditanggung APBD sehingga diharapkan menggunakan anggaran pusat.

Maka dari itu, DPR berkunjung untuk menyerap aspirasi tersebut untuk kemudian diusulkan.

Tags: , ,