Kota Solo Dipilih Sebagai Pembuka Liga 1 2021

Kota Solo Dipilih Sebagai Pembuka Liga 1 2021

Pada hari Selasa (2/2/2021) lalu, Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia (PSSI) dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) telah menggelar pertemuan dengan Kemenpora RI di Kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta Pusat.

PSSI memberikan dan menjelaskan terkait materi presentasi rencana untuk menggulirkan kembali Liga 1 2021.

Materi presentasi terkait rencana PSSI untuk menggulirkan Liga 1 2021 yang akan dimulai di Stadion Manahan, Solo, setelah Lebaran.

Banyak faktor yang membuat PSSI ingin menggelar Liga 1 2021 di Solo.

Salah satu stadion kebanggaan Tanah Air tersebut dinilai cocok sebagai panggung kompetisi dalam format baru.

Pertama, karena Stadion Manahan berstatus sebagai stadion untuk Piala Dunia U-20 2021 sebelum turnamen itu dibatalkan akibat pandemi Covid-19.

“Kedua, adanya Bhayangkara Solo FC yang ber-homebase di Stadion Manahan akan memperkuat kepercayaan FIFA kepada Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 selanjutnya,” tulis PSSI dalam presentasi tersebut.

“Ketiga, adanya Liga 1 di Stadion Manahan akan menjadi kebanggaan dan dapat menggerakkan perekonomian masyakarat Solo dan sekitarnya,” lanjut alasan terakhir dari PSSI itu.

Dalam rencana pelaksanaan Liga 1 2021 di Solo, PSSI juga menjelaskan akan menerapkan protokol kesehatan dan antisipasi kedatangan suporter.

Seperti yang diketahui, Stadion Manahan nantinya akan menjadi markas beberapa klub di antaranya yaitu Persija Jakarta.

Disisi lain, kontestan Liga 1 2021 juga akan bermarkas di Yogyakarta.

Di Yogyakarta terdapat tiga venue yang rencananya digunakan, Stadion Maguwoharjo, Stadion Sultan Agung, dan Stadion Mandala Krida.

Ketiga stadion itu juga merupakan venue Piala Dunia U20 2023.

Demi kelancaran rencana tersebut, PT LIB dilaporkan akan memindahkan kantornya ke Solo.

Akhmad Hadian Lukita selaku Direktur Utama PT LIB menyampaikan bahwa semua itu benar adanya, tetapi masih rencana dan bisa berubah sebagaimana kondisi kedepan.

Pada hari Kamis (4/2/2021) kemarin, Akhmad mengatakan, “Semua itu masih rencana”.

“Karena situasi yang dinamis tentu nanti akan kami kondisikan,” tambahnya.

Pergerakan PSSI, PT LIB, dan Menpora RI jelas merupakan suatu tanda bagus untuk kelanjutan kompetisi sepak bola Tanah Air.

Ditambah Kepolisian Negara Republik Indonesia sebelumnya sudah memberikan lampu hijau agar kompetisi sepak bola bisa berjalan.

Rencananya kompetisi Liga 1 dan Liga 2 harus menerapkan protokol kesehatan dan salah satunya seluruh pertandingan digelar tanpa penonton.

Dalam presentasi yang bertajuk ‘Presentasi Liga 1 Ketua PSSI Update’ itu, Laga Bhayangkara Solo FC melawan Arema FC diproyeksikan sebagai pembuka kompetisi.

Tags: , ,