KPK Tahan Bupati Labuhanbatu Utara Khairuddin Syah Sitorus

KPK Tahan Bupati Labuhanbatu Utara Khairuddin Syah Sitorus

Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) hari ini kembali menahan seorang tersangka dalam kasus perkara dugaan Tindak Pidana Korupsi terkait dugaan suap dan gratifikasi Dana Alokasi Khusus (DAK) yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar saat konferensi pers mengatakan, tersangka yang ditahan tersebut adalah Khairuddin Syah Sitorus, Bupati Labuhanbatu Utara, Sumatera Utara (Sumut).

Pantauan wartawan, tersangka Kharuddin tampak terlihat turun dari ruangan pemeriksaan penyidik KPK dengan mengenakan rompi tahanan KPK warna oranye dengan tangan terborgol pada sekitar pukul 17:00 WIB.

Tak lama kemudian, Kharuddin langsung dibawa ke ruangan konferensi pers. Saat ini konferensi pers terkait penetapan tersangka dan penahanan Kharuddin masih terus berlangsung.

Baca Juga:  KPK Tahan 5 Tersangka di Kasus Kementerian KKP

“KPK telah menahan tersangka yang bersangkutan (Kharuddin Syah Sitorus),” kata Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar saat konferensi pers di Gedung KPK Merah Putih Jakarta, Jalan Kuningan Persada, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (10/11/2020).

Penahanan tersangka Kharuddin itu diduga terkait kasus perkara korupsi yang melibatkan terpidana Yaya Purnomo dan kawan-kawan.

Yaya Purnomo sebelumnya diketahui merupakan mantan Kepala Seksi Pengembangan Pendanaan Kawasan Perumahan dan Pemukiman Direktorat Evaluasi Pengelolaan dan Informasi Keuangan Daerah, Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Republik Indonesia.

Terpidana Yaya Purnomo sendiri telah divonis 6,5 tahun penjara ditambah denda Rp 200 juta subsider 1 bulan dan 15 hari kurungan.

Yaya dinyatakan bersalah karena terbukti menerima suap dan gratifikasi dalam pengurusan DAK dan Dana Insentif Daerah (DID) di sembilan (9) kabupaten/kota.

Tags: , ,