KRL Solo-Yogya Beroperasi, KA Prameks “Pensiun”

KRL Solo-Yogya Beroperasi, KA Prameks "Pensiun"

Seperti yang diketahui, Kereta Rel Listrik (KRL) Yogyakarta-Solo mulai hari Rabu (10/2/2021) beroperasi sepenuhnya untuk melayani para pengguna.

Sementara Kereta Rel Diesel (KRD) Prambanan Ekspres (Prameks) tetap beroperasi tetapi relasinya mengalami perubahan.

Pada hari Selasa (9/2/2021) kemarin, Direktur Utama PT Kereta Commuter Indonesia (KAI Commuter) Wiwik Widayanti mengatakan, “Setelah beroperasi penuh, akan ada 20 perjalanan KRL yang setiap harinya beroperasi di lintas Yogyakarta-Solo PP. Sementara Kereta Rel Diesel (KRD) Prambanan Ekspres (Prameks) tetap ada namun relasinya berubah menjadi Kutoarjo-Yogyakarta PP”.

Pada hari Rabu (10/2/2021) ini, Kementerian Perhubungan menyatakan KRL Yogya-Solo mulai berbayar.

Operasi tersebut dilakukan seiring pemberlakuan Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2021 mulai Rabu pukul 00.00 WIB ini.

Mengutip dari CNNIndonesia.com, Gapeka tersebut salah satunya mengatur soal pengoperasian KRL Yogyakarta-Solo.

Baca Juga:  Soal Lanjutan Proyek Masjid Sriwedari, Ini Penjelasan Gibran

Gapeka 2021 telah disesuaikan dengan perkembangan ketersediaan dan permintaan masyarakat dalam menggunakan kereta api sepanjang 2020, atau selama pandemi.

Zulfikri selaku Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan mengatakan, “Gapeka 2021 juga telah mengakomodir perjalanan KRL Yogya-Solo yang juga akan beroperasi secara berbayar pada Rabu (10/2/2021) menggantikan KA Prameks pada lintas yang sama”.

Salah satu aspek dasar dalam penyusunan Gapeka 2021 yakni hasil pembangunan prasarana perkeretaapian seperti jalur ganda, peningkatan jalur, serta elektrifikasi jalur yang berimbas pada penambahan batas maksimal kecepatan kereta api.

Sementara itu, Anne Purba -VP Corporate Secretary KAI Commuter- menyampaikan bahwa jadwal perjalanan ini kemudian juga telah didiskusikan bersama para calon pengguna KRL Yogyakarta Solo dan pengguna KA Prambanan Ekspres.

Baca Juga:  Hotel Brothers Solo Baru Disita, Bagaimana Nasib Karyawan?

Alhasil, sejumlah jadwal tersebut telah disesuaikan untuk dapat lebih dekat dengan kebutuhan para pengguna.

Dengan penyesuaian jadwal hasil masa sosialisasi ini, jumlah frekuensi perjalanan untuk kedua jenis kereta tersebut tetap sama.

Di sisi lain, sebuah video mengenai pelepasan kereta api Prameks viral di sosial media.

Dalam video yang viral tersebut, sejumlah petugas mengadakan upacara pelepasan kereta Prameks terakhir yang tiba di Solo pada Selasa 9 Februari 2021.

Dilansir dari akun TikTok @alras13, video pelepasan ini dilaksanakan di Stasiun Balapan Solo. Petugas dan masinis terlihat menundukkan kepala sebagai tanda perpisahan.

Para petugas juga terlihat melambaikan tangan saat Prameks mulai meninggalkan jalur.

Tags: , ,