Kuliner Khas Wonogiri, “Oseng-oseng Jambu Mete”

Dengan olahan yang tepat dan pas, buah jambu mete bisa dibuat menjadi makanan yang lezat, yaitu oseng-oseng jambu mete. Kini, oseng-oseng jambu mete menjadi salah satu kuliner yang direkomendasikan.

“Buah jambu mete kan selama ini tidak ada yang dimanfaatkan. Diambil (biji) metenya, buahnya dibuang,” ujar pemilik warung makan di Wonogiri, Suwarno Tesy kepada wartawan, Senin (28/9).

Pria yang sehari-hari berjualan di kantin Kejaksaan Negeri Wonogiri ini mengungkapkan, kuliner ini hanya musiman saja alias hanya setahun sekali. Dimana, saat puncak musim buah jambu mete saja.

Suwarno mengaku setiap musim jambu mete berbuah dia selalu membuat masakan satu ini. Ia memanfaatkan buah jambu mete yang tumbuh di pekarangan rumahnya.

Baca Juga:  Pemkot Solo Kembali Larang Anak-Anak Berwisata, Masuk Mal & Pasar

Buah jambu mete yang sudah diolah kemudian dipadukan dengan bumbu rempah dicampur cabai diiris tipis-tipis. Dijamin, rasanya gurih dan nikmat. Cara membuatnya juga sangat mudah.

“Sebelumnya, buah jambu mete yang sudah matang ini ditumbuk menggunakan lumpang sampai halus lalu diremas-remas sampai air dari buah ini habis dan tinggal dagingnya saja. Kemudian, daging jambu mete dijemur hingga kering, setelah kering barulah dimasak,” bebernya.

Lebih lanjut Tesy mengatakan, buah jambu mete yang sudah diproses akan berubah seperti serat-serat kecil layaknya serat daging sapi.

“Sebenarnya, tidak hanya dioseng saja, bisa dimasak lainnya, tergantung selera. Tapi, kalau pelanggan saya kebanyakan suka dimasak oseng-oseng,” jelasnya.

Baca Juga:  Libur T’lah Tiba! PT. KAI Tambah Kuota Kursi Hingga 13 Persen

Sementara itu, Esti, salah satu pengunjung warung makan itu mengaku baru kali pertamanya mencicipi kuliner unik ini. Menurutnya, awalnya ia tak mengira jika kuliner ini berbahan baku buah jambu mete.

“Rasanya nikmat, agak kenyal seperti daging ayam,” kata dia.

Ditambahkan, awalnya dia tak mengira jika buah jambu mete dapat dimanfaatkan sebagai bahan makanan yang lezat. Apalagi dimasak oseng-oseng satu hal baru baginya.

”Kan, selama ini kita tahunya hanya metenya saja, tapi jujur rasanya enak kok,” tandasnya.

Tags: , ,