Kunjungan Ridwan Kamil ke “Planet Mars”

Kunjungan Ridwan Kamil ke "Planet Mars"

Gubernur Jawa Barat (Jabar) dilaporkan mengunjungi Planet Mars. Tapi bukan planet Mars di luar angkasa, tapi sebuah lahan bekas penambangan.

Kang Emil, begitu ia disapa, memeriksa lahan bekas pertambangan pasir bersilik PT Solusi Bangun Indonesia (SBI) di desa Sekarwangi, Cibadak, Kabupaten Sukabumi. Lokasi tambang telah berakhir Izin Usaha Pertambangan (IUP) dan sekarang akan dikonversi menjadi kawasan wisata dan pengembangan agrikultur.

Dia mengatakan kondisi lahan 85 hektar sekarang produktif dengan vegetasi dan pepohonan lebat. Hanya sebagian kecil dari sisa bebatuan yang tersisa di tambang dibiarkan untuk tujuan penelitian.

“Ini bisa jadi sebuah percontohan, sejak tahun 2010 sampai sekarang kita bisa lihat sebelum dan sesudahnya. Dulunya penuh bebatuan seperti di planet mars, tadi saya putar-putar sudah tidak keliatan hanya sekian persen ada bekas pertambangannya memang sengaja dibiarkan untuk penelitian,” katanya, Sabtu (25/7/2020).

Baca Juga:  5 Istilah Khas Solo yang Sudah Membumi

Kang Emil menekankan pemanfaatan lahan bekas tambang harus memiliki tiga nilai yaitu lingkungan, sosial dan ekonomi. “Kalau hanya lingkungan sosial saja tapi ekonominya tidak ada, tidak akan membawa kesejahteraan bagi masyarakat sekitar,” ujarnya.

Ia yakin kawasan ini akan menjadi percontohan pemanfaatan lahan bekas tambang menjadi berdaya guna dan ramah lingkungan. “Saya minta tahun ini dipresentasikan rencana membuat kawasan ini punya nilai tambah untuk masyarakat setempat,” katanya lagi.

Sebelumnya, pemerintah daerah Jawa Barat telah memfasilitasi pertemuan PT SBI dengan stakeholders. Penggunaan area, katanya, tidak bisa dilakukan di satu pihak, tetapi harus menggandeng lebih berpengalaman.

“Kita akan teliti produk pertanian apa yang laku di pasaran apakah jahe merah tapi apakah cocok dengan ketinggian dan tanah di sini nanti akan kita teliti, sehingga nanti masyarakat sekitar bisa turut berpartisipasi,” jelasnya lagi.

Tags: , ,